Kerja Sama Internasional untuk Percepatan Penanggulangan Covid-19

PUTRAINDONEWS.COM

 JAKARTA | Peralatan kesehatan, obat-obatan, dan test kit mulai didatangkan dari sumber-sumber mancanegara untuk mendukung upaya Pemerintah RI menanggulangi wabah Covid-19.

Minggu 22/03/20 dini hari, pesawat Hercules C-130 milik TNI-AU telah berangkat dari Bandara Pudong Shanghai membawa peralatan kesehatan sekitar 5 ton dari sumber non-pemerintah, yang terdiri dari APD, masker, goggles, dan sarung tangan.

Selain itu, tengah pula dikoordinasikan keberangkatan dari Guangzhou malam in​i dukungan peralatan dan obat-obatan termasuk test kits, sarung tangan medis, dan tablet chloroquine phosphate.

UNICEF telah menyampaikan dukungannya. Selain itu, ada pula bantuan untuk Palang Merah Indonesia (PMI). Komitmen dan bantuan lainnya telah juga disampaikan beberapa organisasi internasional.

Berbagai komitmen dukungan bagi Pemerintah RI, baik dari p​emerintah-pemerintah negara sahabat maupun pihak-pihak non-pemerintah dan organisasi internasional, akan terus difasilitasi lintas kementerian/lembaga.

Dukungan ini akan disampaikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dengan BNPB sebagai koordinator, untuk didistribusikan kepada fasilitas kesehatan dan masyarakat umum di seluruh tanah air.

Red/*