GELAR MILAD PERTAMA, Ketum FPPSKI:  Akan Membentuk FPPSKI di Setiap Propinsi Di Indoensia

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPKSI) menggelar perdana Milad Ke-I yang dilaksanakan di Practice Hall, Pedepokan Pencak Silat TMII Jakarta Timur,  Senin (17/08/20).

Dalam milad Ke-I para pendekar pencak silat keris Indonesia menampilkan unjuk kebolehan dengan jurus silatnya dengan menggunakan senjata keris.

H. Anwar Al Batawi selaku Ketua Umum FPPKSI ditemui media usai acara menyampaikan “banyak-banyak terima kasih atas dukungan semua pihak dengan terselenggaranya acara Perdana Milad Ke-I FPPKSI dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah banyak dukungan dari semua pihak persilatan pencak silat yang berada di wilayah DKI khususnya dan daerah lainnya. Mudah-mudahan kedepan bisa terus berjaya dan bisa menggelar Milad yang Ke-2 lebih besar lagi ” Harapnya.

Acara Milad ini adalah yang pertama untuk terus menjalin tali silaturahmi tanpa batas dengan sesama penggiat seni pencak silat keris dan terus bersinergi kepada masyarakat agar pencak silat Keris sebagai bagian budaya kesenian bangsa tidak tenggelam di makan zaman, karenanya harus dilestarikan dan dibudayakan kepada para generasi muda kita.

“Saya ingin melahirkan generasi-generasi muda yang kreatif baik di bidang seni budaya khususnya pelestarian Pencak Silat Keris Indonesia sehingga generasi muda semakin banyak mencintai budayanya dengan kegiatan yang positif. “jelasnya.

Saya berharap kedepan generasi milenial ini bisa mencintai terhadap seni dan budaya kita sendiri yaitu kesenian pencak silat keris Indonesia, “tandasnya.

Ada suatu kebanggaan bagi saya hari ini, dimana FPPKSI  yang baru berumur satu tahun dan terbentuk atas dasar kebersamaan dan kecintaan kita terhadap pelestarian pencak silat keris telah menujukkan kreatifitasnya.

Meskipun dirayakan penuh sederhana ditengah pemdemi covid-19 tetapi tidak mengieangi semangat dan memiliki makna yang demikian besar. Terbukti adanya peran aktif semua aktivis yang mau dan telah berjuang melestarikan dan mengembangkan kreatifitasnya dengan baik.

Selama kurun satu tahun sejak berdirinya tanggal 17 Agustus 2019 lalu, FPPKSI genap satu tahun. Periode satu tahun, telah dijalankan berbagai program seperti ;

Pertama, Flash Mob Pencak Silat Keris Indonesia, di Kota Tua, Jakarta Barat tanggal 28 September 2019

Kedua, Program Bhakti Budaya  Pedepokan Pencak Silat  di TMII tanggal 01 Desember 2019.

Ketiga, Kompetisi Online (18/04/220)

Keempat, Kompetisi pembuatan Videography di tanggal 21 Juni 2020 dan .

Dan kelima, Seminar Online tanggal 02 Agustus 2020.

Intinya di Milad Ke-1, kami harapkan doa daripada sesepuh, penasehat dan para pendukung sehingga FPPKSI semakin eksis kedepannya.

Kita wajib sebagai pemuda merasa bangga karena sesepuh kita yaitu Bapak Pencak silat dunia Mayjen TNI (Purn) Dr. HC. Eddie M Nalapraya sudah menunjukkan eksistensinya untuk kemajuan dan kejayaan pencak silat jaya mata dunia.

“Karena itu, kami (FPPKSI) akan selalu memberikan hal-hal positif terutama untuk kemajuan pencak silat Indonesia, terlebih pencak silat sudah diakui UNISCO sebagai warisan budaya tak berbenda pada tanggal 12 Desember 2019 lalu.’terangnya.

“Meskipun kecil yang kita perbuat, tetapi dapat memberikan yang lebih luas untuk perkembangan pencak silat kita. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, bukan yang terakhir tetapi terus berkelanjutan kedepannya, “tegasnya.

Lebih lanjut H. Anwar Al Batawi menambahkan mudah – mudahan kedepan FPPSKI lebih banyak menarik para generasi milenial untuk mencintai pencak silat Keris Indonesia sehingga sejarah dan seni budaya kita sendiri semakin terjaga kelestariannya.”Pungkasnya.

“Kedepannya, FPPSKI akan segera membentuk tiap-tiap propinsi yang ada Indonesia dengan tujuan agar seni budaya pelestarian Pencak Silat Keris Indonesia semakin berkembang di Indonesia,”ungkapnya.

Hadir diacara itu, Dewan pembina Mayjen TNI (Purn) Dr. HC. Eddie M Nalapraya, Sekjen Narwan Riyadi, Dewan Pelindung Marsyel M Ririhena, Ketua Umum Bamus Betawi H Zainudin MH alias Haji Oding, Ketua Umum PPS Betako Merpati Putih Laksamana Muda (Purn) TNI Dr. Djajeng Tirto Sudarsono, Perguruan Beladiri Matahari Indonesia (PBMI) Imam Muhammad dan Ketua IPSI DKI Jaya serta  para undangan lainnya seperti Padepokan persilatan seperti PPS Pusaka Waringin, PPS Baringin Sakti Bogor, Matahari Indonesia, PPS Congkuk Indonesia, PPS Garuda Saka,  Gerobak Sampi MAPSA, Iposi Condet, PBMI Tangerang, PSHT,  Putra Setia, PPSN Maung Lugay, MPBS dan lainnya.

Dikesempatan itu, H. Anwar Al Batawi Ketua Umum FPPKSI juga memotong nasi tumpeng Milad Ke-I FPPKSI  dan memberikan kepada Dewan pembina Mayjen TNI (Purn) Dr. HC. Eddie M Nalapraya, dan para undanngan lainnya, dilanjutkan dengan foto bersama. Red/Ben