KASUS PENIKAMAN SYEIKH ALI JABER, MAHFUD MD Perintahkan Aparat Ungkap Tuntas Dan Transparan

PUTRAINDONEWS.COM

JAKARTA | Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan ia telah memerintahkan seluruh aparat baik aparat keamanan, BNPT, Densus BIN dan juga Kepolisian untuk menyelidiki peristiwa penusukan yang menimpa Syekh Ali Jaber di Masjid Afaludin Tamin Sukajawa, Tanjungkarang Barat, Bandar Lampung ini secara tuntas dan transparan.

“Saya sudah menginstruksikan kepada seluruh aparat, baik itu aparat keamanan, maupun intelijen, bahkan saya juga sudah meminta BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) kemudian juga Densus bahkan, saya minta agar BIN bersama kepolisian, saya sudah minta agar menyelidiki kasus ini dengan sebaik–baiknya dan setransparan mungkin. Oleh sebab itu kepada semua aparat yang telah saya sebut tadi supaya melakukan pemetaan, pemantauan dan perlindungan penuh kepada Dai, terutama para ulama,” ujar Mahfud MD, di kediaman Senin (14/9).

Terkait dengan beredarnya informasi bahwa pelaku mengalami gangguan kejiwaan, Menko mengatakan bahwa saat ini aparat masih melakukan penyelidikan terkait latar belakang dan jaringan yang ada dibelakang pelaku penusukan.

BACA JUGA :   Bertemu Walikota dan Gubernur Sumut, Menteri Perhubungan Bahas Angkutan Massal Kota Medan

“ Spekulasi di masyarakat ada dugaan berdasar pengakuan keluarganya, si penusuk ini sakit jiwa. Tapi kita belum percaya, kita pasti akan tau dia sakit jiwa betul atau tidak, itu nanti setelah diselidiki. Kalau orang sakit jiwa jejak digitalnya seperti apa, keluarga melihatnya kayak apa, tetangganya melihatnya seperti apa, temen-temennya melihatnya seperti apa, baru kita bisa menyimpulkan dia sakit jiwa. Oleh sebab itu sampai ini, kami atau pihak aparat terus menyelidiki bagaimana latar belakang dan apa jaringan yang ada dibelakang anak ini,” ujar Mahfud MD

Mahfud menambahkan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk melindungi kebebasan umat beragama. Apapun pandangan politiknya. Ia mengatakan bahwa pemerintah tidak akan mampu membangun masyarakat tanpa adanya peran serta para ulama dan para juru dakwah yang telah bekerja dengan ikhlas.

BACA JUGA :   DUA ORANG SPESIALIS JAMBRET JPO Diringkus Polsek Kalideres

“Da’i apapun pandangan politiknya, itu harus dilindungi kalau sedang berdakwah. Itu yang terpenting. Kita hidup ini selama ini bangsa Indonesia, budaya- budaya yang baik itu, justru ditimbulkan oleh dakwah-dakwah para pendakwah kita yang telah bekerja dengan ikhlas. Para ulama kita.” Ujar Mahfud MD.

Di tahun 2011 Menko Polhukam pernah hadir dan mendengar ceramah yang dibawakan oleh Syekh Ali Jaber. Ia mengatakan bahwa Syekh Ali Jaber adalah pendakwah yang tidak berpolitik, dan sangat baik. Sore ini Menko Polhukam berencana untuk menemui Syekh Ali Jaber secara langsung untuk mengetahui kondisi Kesehatan Syekh Ali Jaber. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!