Tarik Wisatawan, Geopark Meratus Kalsel Tekankan Soal Nilai Historis

Putraindonews.com – Tapin | Ketua Harian Badan Pengelola (BP) Geopark Meratus Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana meminta Pemerintah Kabupaten Tapin untuk mempertimbangkan nilai sejarah dan pengarsipan situs geopark sebagai rangkaian cerita (Story Telling) untuk menarik wisatawan.

“Story telling itu yang perlu diperkuat,” kata Hanifah di Rantau, Tapin, Kamis (12/10/23).

Hanifah mengungkapkan beberapa situs budaya Geopark Meratus di Tapin memiliki nilai sejarah peradaban, yakni Masjid Keramat atau Masjid Al Mukarramah di Desa Banua Halat.

Hanifah menjelaskan masjid tersebut menjadi saksi sejarah antara pertemuan warga Suku Dayak dengan Suku Banjar yang perlu diketahui banyak orang.

BACA JUGA :   Alumni Untuk Indonesia Konsisten Kampanye Goes to UNESCO 'Didukung Wamendag Diramaikan Paramitha'

“Kemudian itu Masjid Keramat juga sebagai masjid tertua, bahkan sejarah-sejarah itu tak semua orang tahu,” ujar Hanifah yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan tersebut.

Ia juga menyinggung tentang Gua Batu Hapu di Tapin yang merupakan salah satu geosite purba di Kalsel. Geosite ini memiliki sejarah geologi juga menyimpan legenda yang sejak lawas lestari dalam tutur masyarakat setempat.

“Termasuk Gua Batu Hapu, ini adalah situs Geopark Meratus,” ucap Hanifah.

BACA JUGA :   SEKRETARIAT PRESIDEN Serahkan Keris Pusaka dan 1.499 Artefak Lainnya ke Museum Nasional Indonesia

Penjabat Bupati Tapin Syarifuddin menyambut baik semua pemaparan yang dilakukan pihak BP Geopark Meratus, salah satunya tentang promosi situs geopark untuk menjadi andalan pariwisata yang berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

“Ada beberapa yang beliau (Hanifah) katakan tadi salah satunya adalah promosi agar lebih digencarkan, terlebih dengan adanya media sosial,” ujarnya.

Syarifuddin mengungkapkan BP Geopark Meratus juga menekankan agar terjalin kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dengan masyarakat maupun pihak lainnya untuk mengembangkan potensi situs geopark itu. Red/Jono

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!