Kembangkan UMKM di Sawahlunto, PLN Peduli Gelontorkan Rp380 Juta

***

Putraindonews.com – Sawahlunto | Kembangkan daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK), PLN Peduli berikan bantuan modal, program infrastruktur dari FABA, pelatihan dan pengelolaan sampah di Sawahlunto.

Acara penyerahan bantuan tersebut digelar di Gedung Serbaguna Komplek PLN UPK Ombilin, desa Talawi Hilie, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Kamis (28/4), dan dihadiri para stakeholder diantaranya Wakil Wali Kota Sawahlunto, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Kapolsek Talawi, Kapolres Sawahlunto, Kepala Desa Sijantang Koto, kades Talawi Hilie, kades Talawi Mudiak, kades Salak, Kades Batu Tanjung, serta Camat Talawi.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing kelompok penerima manfaat oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, dan Manager PLN UPK Ombilin, Shodiqin.

Dalam program ini, PLN menggelontorkan dana TJSL sebesar Rp 380 juta berupa program bantuan pelatihan untuk pembuatan renda pada songket silungkang, pemanfaatan FABA untuk pembuatan kanstin jalan protokol kota sawahlunto, pelatihan penanaman holtikultura menggunakan media hidroponik dengan sinar UV, pengembangan usaha makanan oleh-oleh Faiz, bank sampah Desa Sijantang dan bantuan intenet pintar berupa bantuan sarana fasilitas internet, serta pelatihan marketing berbasis e-commerce untuk SMKN 1 Sawahlunto.

BACA JUGA :   Temui UMKM di Bekasi, Menteri BUMN ; Jaga Prokes Vaksin dan Tetap Optimistis

Manager UPK Ombilin, Shodiqin menuturkan, PLN memiliki komitmen tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat lingkungan sekitar dan berharap dengan adanya bantuan TJSL ini dapat bermanfaat untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Kita memiliki agreement untuk program-program TJSL maupun bantuan pengelolaan baik dari mulai inisiasi, perrencanaan, assessment hingga pemilihan calon penerima manfaat, apalagi dengan telah terbitnya PP22/2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, menjadikan status FABA telah dihapus dari daftar list LB3 dapat membuka peluang untuk masyarakat dapat berinovasi memanfaatkannya seperti tahun sebelumnya kita membuat batako dan pada program tahun ini pembuatan kanstin jalan protokol kota Sawahlunto dengan memanfaatkan FABA dari PLTU Ombilin,” ujar Shodiqin.

BACA JUGA :   Lima Skema Program Bantuan Pemerintah 

Sementara itu, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, sangat mengapresiasi program tanggung jawab social lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) UPK Ombilin.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Sawahlunto, kami menghaturkan terim akasih yang sebesar-besarnya kepada PLN, Khususnya PLN UPK Ombilin yang pada kesempatan ini membagikan bantuan kepada enam kelompok penerima manfaat dengan total Rp 380 juta, Semoga Allah memberikan keberkahan bagi kita semua,” ujar Zohirin. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!