Hadirkan Guru Besar, DPD PIKI NTT Gelar Seminar Nasional ‘Menjawab Kebutuhan Masyarakat’

***

Putraindonews.com – NTT | Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen atau DPD PIKI NTT menggelar Seminar Nasional demi menjawab beberapa kebutuhan masyarakat NTT.

Seminar Nasional ini menghadirkan beberapa Guru besar dan Doktor Hebat yakni: Prof.Dr. (HC) Willy Toisuta, Ph.D (Pakar Pendidikan Indonesia / Pendiri Willi Toisuta & Associates Human Development), Prof. Slamet PH, MA, M.Ed, MLHR, MA, PhD (Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta / Pakar Politik Pendidikan, Budaya Mutu, dan Daya Saing Pendidikan), Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.,PhD (Mantan Rektor Undana 2 Periode / Ketua Dewan Pertimbangan PIKI NTT), Prof. Dr. Mintje Ratoe Oedjoe, M.Pd (Guru Besar Ilmu Pendidikan Undana / Dewan Pertimbangan PIKI NTT), Prof. Dr. Drh. Maxs U.E. Sanam, M.Sc (Rektor Undana/Dewan Pertimbangan PIKI NTT) dan beberapa Doktor Hebat Lain nya, seperti Dr. Dede Yusuf, M.E.ST M.I.Pol (Pimpinan Komisi X DPR RI Bidang Pendidikan), Ir. Abraham Paul Liyanto (Senator / Ketua DPP PIKI), Dr. David Natun, M.Pd (Praktisi Pendidikan / Wakil Ketua DPD PIKI NTT), Ekoningsih Lema, M.Si (Aktifis Perempuan dan Anak / Ketua Pengurus Perempuan Sinode GMIT / Wakil Ketua DPD PIKI NTT), Pdt. Dr. Mery L.Y Kolimon, M.Th (Ketua Sinode GMIT/ Wakil Ketua Dewan Pertimbangan PIKI NTT), Dr. Umbu Lili Pekuwaly, S.H.,M.H ( Akademisi FH Undana / Dewan Pakar PIKI NTT ), Dr. Fredik A Kande, M.Pd. (Mantan Rektor Untrib / Ketua DPC PIKI Kab. Alor / Anggota Satgas Pendidikan GMIT), Agust Maniyeni M.Pd (Akademisi IAKN / Wakil Ketua DPD PIKI NTT), Dr. Yetursance Manafe, MT ( Akademisi ), Dr. Dedy Lasfeto, MT (Akademisi), Dr. Ir. Karolus Karni Lando, MBA’ Direktur Asia Fasifik RINA.

Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan akan dilaksanakan di GMIT CENTRE Kupang NTT (Kupang 17-03-2023)

BACA JUGA :   Eksis Tarik Suara di Bali, Andira Putri Mendapat Kesempatan Ketika Tengah Berlibur

Media berhasil mewacarai salah satu Wakil Ketua DPD PIKI NTT, Dr. Ir. Toni Basuki, M.Si. Ia adalah Peneliti Ahli Madya, Badan Riset dan Inovasi Nasional mengatakan Seminar Nasional dengan Tema mengkonstruksi Kualitas Pendidikan NTT menuju Indonesia Emas 2045 ‘ DPD PIKI NTT ingin memberikan kontribusi pikiran bagi pemerintah dalam menyusun Kebijakan Strategis di bidang pendidikan untuk menyiapkan kualitas sumber daya manusia NTT memasuki Indonesia Enas 2045 dg menghadirkan para Ahli dan Pakar Pendidikan di Indonesia maupun di NTT.

Hal lain menurut Dr. TONI menuju Indonesia Emas 2045 adalah wacana yang sering dikaitkan visi Indonesia untuk menjadi negara maju dan berdaulat, yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Visi ini pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan telah menjadi fokus utama pemerintah dalam mengembangkan strategi pembangunan jangka panjang. Hal lain yang menarik adalah pada tahun 2045.

Lebih lanjut Dr. Toni menjelaskan diproyeksikan akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Dalam hal teknologi dan inovasi, Indonesia diharapkan pada tahun tersebut akan menjadi pemain utama di Asia Tenggara dengan industri teknologi yang maju. Demikian juga pada saat itu, populasi Indonesia akan mencapai 330 juta jiwa yang menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan.

Dewan Pakar Perhimpunan Periset Indonesia-NTT serius menyampaikan ada tantangan utama yang dihadapi Indonesia untuk mewujudkan visi ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang sistemik, masif dan terukur dalam rangka mewujudkan visi besar tersebut. Untuk menjawab tantangan ini, maka jalur pendidikan ditempuh sebagai jalan rasional untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu tinggi dalam rangka pencapaian visi di maksud.

BACA JUGA :   COVID-19, Ferry Curtis ; Saatnya Kita Pulang Ke Rumah

Ketua Panitia Seminar Nasional Jonatan Pering, SE, M.Si juga mengatakan seminar ini bagian dari upaya pendalaman sendi-sendi yang terkait kebijakan pendidikan pemerintah NTT dan menjawab keresahan masyarakat NTT, Sekaligus menawarkan potensi solusi oleh pihak-pihak profesional dalam Mengkonstruksi Kualitas Pendidikan NTT Menuju Indonesia Emas ini.

Lebih Lanjut Dosen UPG NTT Kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : Membangun wacana dan dialektika yang sehat cerdas dan kritis berkaitan dengan arah pendidikan Nusa Tenggara Timur menuju Indones Emas 2045; Mengembangkan wawasan pendidikan Nusa Tenggara Timur yang holistik dari berbagai perspektif dan bidang keilmuan yang saling terkait; Menyatukan persepsi dan strategi konseptual bersama dalam upaya mendesain dan membangun strategi pendidikan Nusa Tenggara Timur yang inklusif dan visioner menuju Indonesia Emas 2045;

Jonatan Pering mengharapkan Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa, Rekomendasi Konseptual, Rekomendasi Strategi Implementasi, Publikasi dalam bentuk Buku , Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Hari/tanggal : Sabtu, 18 Maret 2023Waktu : Pukul 09.00 Wita – Selesai, Tempat : GMIT Center, Jl. Frans Seda Kelapa Lima-Kupang

Kegiatan ini menghadirkan Dewan pertimbangan, Dewan Pakar, Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan cabang sedaratan Timor, para akademisi dari Undana, UKAW, IAKN dan Unika, Muhammadih, UPG NTT, IP Soe, GAMKI, , Pemuda GMIT, Kelompok Cipayung, Lembaga kemahasiswaaan seluruh Kampus, dan Para Kepala Sekolah SMA/SMK dan SMP se Kota Kupang, dan para praktisi pendidikan sekota Kupang, dengan Total undangan 300 peserta. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!