70 Tahun Bertahta, 15 Perdana Menteri Inggris Pernah Melayani Mendiang Queen Elizabeth II

***

Putraindonews.com – Jakarta | Dunia hampir tidak melewatkan pemberitaan tentang sosok paling berpengaruh di Inggris. Dia adalah Ratu Elizabeth II. Sosok yang selama ini terkenal sahaja, namun dicintai banyak masyarakatnya.

Sayangnya, ratu yang sempat berkuasa selama 70 tahun itu kini telah tutup usia. Beliau wafat pada Kamis, 8 September 2022 di Istana Balmoral, Britania Raya.

Sebelum meninggal, Elizabeth sempat melantik Truss sebagai Perdana Menteri di Balmoral pada hari Selasa (6/9). Pengangkatan Truss dilakukan bukan di London seperti biasanya.

BACA JUGA :   Bergegas Cepat, PMI Non Prosedural Meninggal di Malaysia Berhasil Dipulangkan di Sumba Barat

Di balik kisahnya yang luar biasa, ternyata mantan pasangan Pangeran Philip ini pernah dilayani 15 Perdana Menteri.

Anak George VI yang mulai naik tahta ketika kakaknya, Raja Edward VIII turun tahta pada 1936 ini tercatat pertama kali dilayani Perdana Menteri Winston Churchill yang merupakan seorang pemimpin negara bagi pemerintahan Partai Buruh dan Konservatif hingga yang ke-15 Liz Truss.

BACA JUGA :   Momen Adu Penalti Garuda Muda vs Taeguk Warriors

Sejak 9 September 2015, Ratu Elizabeth resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris yang paling lama memerintah. Ini menjadi kisah paling bersejarah tentang pemimpin perempuan di dunia.

Hari bersejarah itu, ia habiskan dengan melakukan tugas sehari-harinya, termasuk meresmikan kereta api baru di Skotlandia. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!