Bergegas Cepat, PMI Non Prosedural Meninggal di Malaysia Berhasil Dipulangkan di Sumba Barat

Putraindonews.com – NTT | Peristiwa naas menimpa Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumba yang Meninggal Dunia di luar negeri (Malaysia), Jenazahnya dipulangkan ke Indonesia menuju desa asalnya yaitu Desa Laboya Dete, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi NTT.

Data yang himpun Putraindonews.com, jenazah tersebut bernama Hero Labo (33), Warga Desa Laboya Dete, ia meninggal dunia di Apartemen Blok 510-2-5, Jalan Abdullah Ariff, Desa Gemilang Pulau Pinang pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Awalnya, Almarhum Hore Labo ini pertama kali berangkat kerja ke Malaysia pada tahun 2010 dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Dalam Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan Konsulat Jenderal RI di Penang, Hore Labo dinyatakan meninggal pada 3 Agustus 2023 jam 11.22 pagi. Penyebab kematian disebutkan sebagai right pulmonary artery thrombosis with possible pulmonary malignancy.

Tak butuh waktu lama, Pemerintah Desa Laboya Dete melalui Sekretaris Desa, Robert Pati Tunu bertindak cepat setelah menerima laporan dari Polres Sumba Barat dengan membuat Surat Permohonan Pemulangan Jenazah Hore Labo.

BACA JUGA :   MALAYSIA DEPORTASI 131 WNI

Surat tersebut bertanggal 18 Agustus 2023 ditujukan kepada Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Dalam Negeri, Judha Nugraha, Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Hermono, dan Kepala Badan Pelayanan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Beni Ramdhani.

“Dengan ini memohon Bapak dapat membantu memulangkan Jenazah warga desa kami yang meninggal dunia di Blok 510-2-5 Apartemen Desa Gemilang Jalan Abdullah Ariff, Pulau Pinang, pada tanggal 3 Agustus 2023,”tulis Kepala Desa dalam suratnya.

Menurut keterangan orang tua korban Ia tak lagi mengirimkan uang kepada keluarganya di kampung mulai tahun 2017.

“Mulai awal tahun 2020 kami tidak hubungi lagi, dan pada tahun 2023 kami dapat kabar kalau anak saya sudah meninggal,” ucap Pamannya Gela Ngongu dengan derai air mata kepada Putraindonews. Rabu (23/8).

BACA JUGA :   Pertamakali di Dunia, China Temukan Golongan Darah P Super Langka

Secara terpisah, Kadis Transnaker Kabupaten Sumba Barat Dedi Ora mengatakan bahwa Pemda Sumba Barat sedang dalam penanganan pemulangan sesuai jadwal.

“Sesuai jadwal, Jenazah Hero Loba akan tiba di pelabuhan Waingapu, tanggal 26 Agustus. Setiba di Waingapu akan lanjut penanganan oleh pemda sumba barat dalam hal ini Dinas Transnaker habis itu ke keluarga di kampung sodana desa laboya dete,” tandasnya.

Lanjut Kadis Dedi bahwa kasus yang menimpa Hore Labo adalah kasus yang ke 3 sepanjang 2023. Ia berharap agar kejadian yang terjadi menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat Sumba Barat agar tidak mudah percaya bujukan orang berangkat kerja ke luar Negeri tanpa melalui tahapan prosedural. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!