Pertamakali di Dunia, China Temukan Golongan Darah P Super Langka

Putraindonews.com – Jakarta | Pertama kali terjadi di dunia, dokter di China menemukan golongan darah P yang menjadi urutan nukleotida baru dari golongan darah langka.

Penemuan ini dilakukan oleh seorang dokter bernama Cao Guoping. Dirinya dikenal sebagai spesialis transfusi yang mendeteksi sampel langka darah tersebut saat tes darah rutin di sebuah rumah sakit di Taizhou, Provinsi Jiangsu.

Ia menilai bahwa temuan tersebut sangatlah penting terutama untuk pemilik golongan darah tersebut.

Pasalnya, kata dia, golongan darah ini sangat langka, sehingga deteksi dini membantu mereka mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk transfusi darah dan potensi krisis terkait kebutuhan darah ini.

BACA JUGA :   China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5.0 Persen, Harga Minyak di Asia Dibuka Lebih Rendah

Diketahui, golongan darah p hanya dapat menerima transfusi dari jenis yang sama. Hal ini terutama terjadi selama kehamilan.

Urutan tersebut telah diberi nomor seri OR900206 dalam database gen manusia.

Mengutip SCMP, pada bulan Desember, pusat AS mengatakan urutan nukleotida yang ada dalam sampel belum pernah terdeteksi sebelumnya di mana pun di dunia.

BACA JUGA :   Tingkatkan Sanksi Junta Militer Myanmar, AS Perkuat Kerja Sama Indonesia dan ASEAN

Nukleotida adalah salah satu dari banyak molekul kecil yang membentuk DNA dan RNA, asam nukleat yang membawa informasi genetik.

Golongan darah P ditemukan pada tahun 1927, dan sampel dapat dikategorikan menjadi lima subtipe, bergantung pada antigen pada permukaan sel darah merahnya.

P1 dan P2 lebih sering ditemukan, sedangkan P1k, P2k, dan p sangat jarang.

Dalam pengujian, golongan darah P mudah terlewatkan karena tidak dapat diambil oleh reagen yang ada untuk golongan darah ABO dan Rh. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!