Bikin Bangga, Kalahkan 7000 Peserta Siswa SD NTT Jadi Juara 1 Matematika Sedunia

***

Putraindonews.com – Jakarta | Benar-benar bikin bangga Indonesia. Seorang siswa kelas 2 SD asal Nusa Tenggara Timur (NTT) bernama Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay berhasil jadi juara pertama International Abacus World Competition 2022.

Kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia tersebut diselenggarakan oleh International Abacus Brain Gym (ABG).

Bocah yang akrab disapa Nono itu merupakan satu-satunya siswa asal Indonesia yang mampu meraih peringkat pertama pada kompetisi tersebut. Ia berhasil mengalahkan 7.000 peserta lainnya dari seluruh dunia, termasuk perwakilan dari Amerika Serikat (AS).

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyampaikan apreasiasinya terhadap prestasi Nono tersebut. Menurutnya, prestasi yang ditorehkan Nono tidak hanya membanggakan NTT, namun juga dunia.

BACA JUGA :   Pasangan Ranking 1 Dunia Indonesia Fokus Olimpiade 2024

“Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022,” tulisnya seperti dikutip detikEdu dari unggahan Instagram resmi @viktorbungtilulaiskodat.

Saat mengikuti kompetisi Matematika tingkat dunia itu, Nono berhasil menyelesaikan 15.201 file. Diketahui dalam 1 file terdapat 10 soal, sehingga total soal yang berhasil dikerjakan Nono dalam jangka waktu satu tahun ialah sebanyak 152.010 soal. Soal-soal tersebut diujikan secara virtual dan listening dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA :   Pencak Silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh UNESCO

Adapun juara kedua diraih oleh peserta dari Qatar yang mengerjakan 7.502 file atau 75.020 soal. Jumlah tersebut hanya setengah bagian dari soal yang berhasil dikerjakan Nono. Berikutnya juara ketiga diraih oleh perwakilan Ameriksa Serikat yang mengerjakan 6.138 file atau 61.380 soal.

Atas prestasinya, Nono pun mendapat hadiah berupa piala, sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar 200 dolar AS.

Penyerahan hadiah turut dihadiri oleh Gubernur Viktor, Bupati Kupang Korinus Masneno, Founder ABG USA Juli Agustar Djonli, dan Founder ABG Indonesia Aguslina Angkasa di Ruang Rapat Gubernur NTT pada 10 Januari 2023. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!