DPR RI Perkuat Pengawasan Pelaksanaan Haji 2024 di Arab Saudi

Putraindonews.com – Tanggerang | Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid, mengungkapkan langkah strategis yang diambil DPR RI untuk memperkuat pengawasan pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Ia menjelaskan peran komisi-komisi di DPR RI dalam memastikan kelancaran pelaksanaan haji bagi jemaah Indonesia di Arab Saudi.

“Jadi gini, tahun ini kami membawa beberapa teman Anggota DPR RI dari Komisi VIII dan juga komisi-komisi lain yang terkait. Komisi V yang membidangi transportasi, Komisi VI yang menangani masalah perdagangan dan pengadaan barang, serta Komisi IX yang menyangkut masalah kesehatan,” ujar Abdul Wachid sebelum keberangkatan Timwas Haji DPR RI ke Arab Saudi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (10/06/24)

BACA JUGA :   Covid-19 Kembali Melonjak, Edy Wuryanto Minta Pemerintah Sosialisasikan Pentingnya Vaksin Booster

Ia menegaskan bahwa pengawasan pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama adalah tugas utama Komisi VIII DPR RI. Sementara itu, Komisi V bertanggung jawab atas transportasi, termasuk pemberangkatan jemaah dengan Garuda Indonesia dan layanan transportasi lainnya di Saudi Arabia.

“Komisi VI menangani pengadaan barang, termasuk makanan. Kami berharap pengawasan yang ketat akan memastikan 100 persen produk Indonesia digunakan,” tambahnya.

Masalah kesehatan jemaah haji juga menjadi perhatian utama, terutama untuk jemaah haji lansia. Abdul Wachid berharap Komisi IX fokus pada pengawasan kesehatan, pengadaan obat, dan pelayanan kesehatan bagi jemaah.

“Kami butuh pengawasan yang benar-benar fokus, terutama untuk kesehatan karena haji adalah ibadah fisik. Kami berharap Komisi IX memberikan perhatian khusus dalam hal ini,” jelas Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

BACA JUGA :   Sanksi Pidana atau Denda, Timwas Imbau Jemaah Non-Visa Haji Resmi Segera Kembali ke Indonesia

DPR RI juga berencana mengadakan rapat evaluasi setelah kepulangan jemaah haji. Rapat ini akan membahas hasil pengawasan dan persiapan pelaksanaan haji tahun 2024.

“Kami akan rapat bersama terkait dengan Panja Evaluasi Haji dan juga Panja berikutnya untuk pelaksanaan haji tahun 2024. Kami berharap masing-masing Timwas, memberikan laporan resmi kepada kami,” pungkasnya.

Dengan adanya pengawasan ketat dari berbagai komisi DPR RI, diharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia.Red/TK

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!