Rapat Paripurna DPRD Tulungagung Bahas Dua Agenda Penting

Putraindonews.com – Tulungagung | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung gelar rapat paripurna tentang penyampaian rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2024, dan persetujuan bersama tentang pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bersama Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Gedung Graha Wicaksana DPRD Kabupaten Tulungagung, pada, Kamis, (21/9).

Ketua DPRD Tulungagung Marsono menjelaskan, Ranperda Tentang APBD T.A 2024 bahwa berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah pada Sabtu (13/9) kemarin, bahwa rapat paripurna akan digelar pada Kamis, (21/9).

Pada mementum kali ini ada laporan hasilPihaknya terus terang akan tetap bekerja sama dengan pengembang taman pemakaman berbayar ini, terutama untuk meningkatkan akses jalan menuju ke lokasi, sehingga pengunjung maupun warga yang keluarganya dimakamkan di memorial park ini bisa dengan mudah berkunjung ke memorial park yang satu ini.

“Tentu akan kita ajak pihak swasta untuk terus mengembangkan daerah ini, salah satunya akses jalan yang menuju ke sini,” ucapnya.

BACA JUGA :   Nurhadi Harap Implementasi KRIS Tidak Memberatkan Masyarakat

pembahasan Pansus I terhadap Ranperda Tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, salah satunya dari PDI Perjuangan yang berisi bahwa Ranperda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dijadikan menjadi Perda tahun 2023.

Selain itu, ada catatan kecil bahwa dinas terkait bisa melaksanakan tugas untuk pengaplikasian Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ke sekolah formal maupun informal, perlu anggaran yang cukup agar Perda berjalan maksimal, kemajuan teknologi yang begitu cepat dengan Pendidikan Pancasila diharapkan masyarakat tidak terpengaruh negara asing.

“Jadi Masih Ranperda yang akan diminta persetujuan bersama dalam Perda kedepan,” Jelas Marsono, Kamis, (21/9/23).

Marsono melanjutkan, pihaknya juga berterimakasih kepada Bupati Tulungagung atas kerjasamanya selama ini, paripurna kali ini merupakan paripurna terkahir yang dihadiri sebelum menjelang masa purna tugas.

“Semoga kerjasama lima tahun terkahir, dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Tulungagung,” Pungkasnya.

Selain itu Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyampaikan bahwa, Ranperda Kabupaten Tulungagung tentang APBD T.A 2024 dan persetujuan bersama tentang pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan beserta lampiran sudah dikirimkan kepada DPRD Tulungagung pada (13/9/2023) lalu.

BACA JUGA :   Di Rapat Paripurna, Masinton Pasaribu Usul DPR Gulirkan Hak Angket MK

Penyusunan Rancangan APBD T.A 2024 berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2024 serta kebijakan umum APBD dan prioritas dan plafon sementara anggaran 2024 yang telah disepakati bersama antara pemerintah Kabupaten Tulungagung dan DPRD Tulungagung.

Adapun komposisi Ranperda Kabupaten Tulungagung tentang APBD T.A 2024, pendapatan Rp 2.627.428.488.484, Belanja Rp 2.842.428.488.484 defisit Rp 215.000.000.000, pembiayaan melalui penerimaan Rp 230.000.000.000, pengeluaran pembiayaan Rp 15.000.000.000, Pembiayaan netto Rp 215.000.000.000. SILPA Rp 0.

Melalui Ranperda yang akan dilakukan persetujuan bersama menjadi Perda, nantinya bakal diimplementasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, dalam membangun karakter masyarakat Tulungagung yang senantiasa mengamalkan pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dalam kehidupan sehari-hari.

Pihaknya juga mohon pamit bahwa paripurna kali ini merupakan paripurna yang terkahir yang bisa diikutinya lantaran masa jabatan sebagai Bupati hanya tinggal hitungan hari saja.

“Terimakasih atas kerjasama selama ini,” pungkasnya. Red/AG

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!