Digelar Di Labuan Bajo NTT,  17 Negara Siap Menghadiri Konferensi Polwan Sedunia

PUTRAINDONEWS.COM

Manggarai Barat – NTT | 17 Negara siap menghadiri Konferensi Polwan Sedunia atau The International Association of Woman Police (IAWP) Conference yang akan digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu (6/11/2021).

Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Internasional (Hubinter) Polri Irjen Pol Johni Asadoma dalam keterangan yang diterima media ini, Kamis (4/11/21) dalam keterangannya menyampaikan Jumlah utusan tergantung dari keputusan tiap negara dan akan tiba pada awal November 2021 mendatang ini.

Dalam konferensi pers yang digelar di Labuan Bajo, Asadoma menyebut konferensi internasional tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 12 November 2021.

Adapun negara yang ikut dalam Konferensi Polwan Sedunia ini diantaranya Australia, Timor Leste, Turki, Kanada, Korea Selatan,Filipina, Jerman, Taiwan, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, dan Ghana.

Konferensi Polwan Sedunia itu seharusnya menghadirkan 300-500 polwan yang merupakan perwakilan dari 50 negara di dunia.

Irjen Pol Johni mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan agar Labuan Bajo siap sebagai tuan rumah pelaksanaan IAWP.

Pihaknya telah memantapkan sarana prasarana dan fasilitas pendukung lainnya. Dia juga telah memastikan kesiapan dan dukungan dari pemerintah daerah, pelaku usaha, masyarakat, dan aparat keamanan.

Selanjutnya dia menjelaskan pelaksanaan kegiatan akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Para peserta akan melakukan pengambilan spesimen swab PCR dan menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

BACA JUGA :   Tujuh Negara Sudah Dipastikan Lolos ke Babak 8 Besar Piala Asia U23

Selain itu, pemeriksaan berbagai tempat wisata yang akan dikunjungi oleh peserta juga telah dipersiapkan dengan baik. Nantinya, Indonesia akan mengirimkan polwan sebanyak lima orang sebagai utusan dari masing-masing Polda se-Indonesia.

Asadoma menyebut polwan yang terpilih mewakili Indonesia merupakan polwan yang berkompeten. Dengan diadakannya acara ini, seluruh Polwan dapat memiliki pola yang sama untuk mewujudkan Women at The Center Stage of Policing.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mendapatkan atensi khusus dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Ibu Julianti Sigit Prabowo.

Sebagai Ketua Ibu Asuh Polwan, Julianti berharap kegiatan tersebut dapat menggairahkan dan meningkatkan kapasitas Polwan Polri sehingga dapat berkarir di tingkat nasional dan internasional.

Diketahui, perhelatan Konferensi IAWP ke-58 kali ini mengusung tema ‘Woman at the Center Stage of Policing’.

Indonesia dipilih sebagai tuan rumah saat pelaksanaan IAWP di Ekuador pada 2019 lalu.

Tak hanya itu, ia menyampaikan pihaknya juga berencana akan membuat prasasti IAWP di Labuan Bajo.

Pasalnya, Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara pertama yang dipilih sebagai tuan rumah.

“Rencananya mau buat prasasti. Kita kan ingin yang memorable ya. Kegiatan IAWP ini untuk Labuan Bajo ini juga kita buat prasasti mungkin tanda tangannya dulu nanti buat patung Polwan. Ada gambar IAWP-nya dan ada lambang Polri,” jelasnya.

BACA JUGA :   Ganda Putra Indonesia Bidik China Open

Lebih lanjut, Asadoma memastikan protokol kesehatan (Prokes) pelaksanaan Konferensi Polwan Sedunia juga bakal ketat. Kegiatan ini juga diawasi oleh Satgas Covid-19 pusat.

Kita sangat ketat prokesnya karena kita harus buat SOP sesuai dengan ketentuan Satgas pusat. Tetap saja tidak boleh bergerombol, PCR tetap terus setiap dua hari PCR. Disana seluruh hotel hotel sudah disiapkan,” jelas dia.

Ia menyampaikan Polwan Indonesia juga tidak semuanya hadir secara langsung. Hanya sekitar 150 orang yang akan hadir di Labuan Bajo.

“Polwan Indonesia secukupnya saja. Misalkan hanya 150 orang. Tapi dibagi-bagi. Diutamakan yang mereka. Kita ada Satgas kesehatan di bawah pengawasan ketat oleh Pusdokes Polri. Jadi kita sudah ada rumah sakit rujukan, RS Polri siap, di sini di Siloam dan Dinkes sudah siap. Semua alat PCR sudah didatangkan, semua tes dikawal ketat masalah ini. Dari segi keamanan harus diperhatikan,” kata dia.

Sementara Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif menyebut telah melakukan penambahan perkuatan personel Polres Manggarai Barat serta penambahan Kompi Brimob di Manggarai Barat. Polda NTT sendiri siap mendukung sarana prasarana pendukung lainnya untuk memperlancar kegiatan tersebut.

“Kami harap ada peran masyarakat dan media untuk menyukseskan acara event internasional ini,”tutupnya. Red/Ben

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!