Ekonomi ASEAN Dinilai Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Putraindonews.com – Depok | Eks Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Prof Bambang Soemantri Brodjonegoro menyebut performa ekonomi ASEAN sejauh ini dinilai sebagai salah satu yang terbaik dunia.

“Kalau kita lihat menurut kawasan, ASEAN merupakan salah satu yang perekonomian relatif stabil, pertumbuhannya cukup tinggi, inflasinya bisa cukup bisa dikelola, dan kesejahteraan masyarakat terus membaik,” katanya di Depok, Rabu (7/6).

Kendati begitu, Prof Bambang juga menilai meskipun masih ada kekurangan disana-sini, tapi itulah suatu aset dari ASEAN yang selalu harus dijaga, artinya kerja sama ataupun kelancaran hubungan ekonomi antarnegara ASEAN, itu harus terus dijaga, perdagangan terus ditingkatkan, kemudian investasi juga ditingkatkan.

BACA JUGA :   Kerjasama Penanganan Tindak Pidana Siber, JAM PIDUM Terima Audiensi US Department Of Justice

Sehingga lanjut dia, keketuaan Indonesia diharapkan bisa menjadi contoh bahwa Indonesia saat ini ekonominya sudah bisa masuk 15 besar dunia, kemudian juga ekonomi Indonesia bisa terus tumbuh, sekarang naik kelas dari lower middle menjadi upper middle.

Untuk itu lanjut dia yang kita harapkan juga akan ikuti oleh negara ASEAN lain, apalagi ada Vietnam yang pertumbuhan ekonominya sangat bagus, sehingga dengan saling mengetahui dan bekerjasama maka kita bisa mengambil contoh-contoh terbaik untuk diaplikasikan negara masing-masing.

BACA JUGA :   Abaikan Masalah Postur, Timnas Basket Indonesia Fokus Matangkan Tim

Dikatakannya Indonesia sudah banyak berbuat misalnya ada ASEAN Free Trade Area, ASEAN dengan partner dagang negara lain juga sudah dilakukan. Sekarang bukan hanya menambah jumlah kerjasama saja tetapi bagaimana memanfaatkan agar kerja sama itu bermanfaat buat Indonesia.

“Jangan menganggap sudah kerja sama semua beres padahal banyak PR yang masih harus diselesaikan ketika kita bekerjasama dengan negara lain,” ujar mantan Menteri Keuangan tersebut. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!