Kapal Selam Nuklir Rusia Luncurkan Rudal Balistik Bulava

Putraindonews.com – Moskow | Kapal selam bertenaga nuklir Rusia, Imperator Alexander III berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik Bulava, yang dirancang membawa hulu ledak nuklir, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada Minggu (5/11/23).

“Peluncuran rudal balistik adalah elemen terakhir uji coba yang dilakukan negara, setelah itu diputuskan apakah kapal ini akan bergabung dengan angkatan laut,” kata Kementerian Pertahanan Rusia lewat layanan pesan singkat Telegram, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Presiden Vladimir Putin mendorong Rusia mempertahankan deterens nuklirnya untuk menghadapi apa yang disebutnya ancaman keamanan yang semakin meningkat, di mana hubungan antara Moskow dan Barat memburuk akibat perang Rusia di Ukraina pada 2022.

BACA JUGA :   Tak Punya Ahli Waris, 9 Juta Rumah di Jepang Dibagikan Gratis Oleh Negara

Rudal antar benua yang diluncurkan di bawah air di Laut Putih di perairan utara Rusia itu berhasil menghantam target ribuan kilometer di semenanjung Kamchatka di Timur Jauh Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan kapan uji coba ini dilakukan.

Kapal penjelajah pembawa rudal strategis kelas Borei itu dilengkapi dengan 16 rudal Bulava dan senjata torpedo modern, kata kementerian itu.

BACA JUGA :   Mahfud MD Dorong Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Ikut Pemilu

Putin ikut serta dalam upacara peluncuran Imperator Alexander III ke laut pada Desember, kata kantor berita negara TASS.

Angkatan laut Rusia memiliki tiga kapal selam bertenaga nuklir kelas Borei yang beroperasi. Satu kapal selam sedang menjalani uji coba, sedangkan tiga kapal lain sedang dalam proses pembuatan, kata kementerian pertahanan Rusia.

Rudal Bulava yang sepanjang 12 meter dengan jangkauan 8.000 kilometer dan bisa memuat maksimum enam hulu ledak nuklir, telah menjadi bagian utama dari tiga serangkai persenjataan nuklir Rusia. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!