Kemenperin Dorong Peningkatan Ekspor dan Penguasaan Pasar

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berkomitmen mendorong penguatan ekspor dan penguasaan pasar dalam negeri.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif di Jakarta, Rabu (17/5).

Febri menuturkan, menghadapi kondisi menurunnya impor bahan baku, Kemenperin akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan ekspor dan penguasaan pasar dalam negeri.

Terhadap kondisi penurunan tersebut, bila melihat data IKI April 2023, persentase pelaku usaha industri yang menyatakan kondisi kegiatan usahanya meningkat dan stabil tercatat sebesar 73,9 persen, serta terjadi tren peningkatan optimisme pelaku usaha industri.

BACA JUGA :   Lantaran Dukung Rusia, Presiden Lithuania Cabut Kewarganegaraan Pensiunan Atlet Skater

Kemenperin, lanjutnya, juga terus berupaya menjalankan langkah-langkah strategis untuk menjaga pasar bagi produk-produk hasil manufaktur di Indonesia. Di antaranya adalah dengan kebijakan hilirisasi, mendorong program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), akselerasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), dan penyederhanaan aturan sertifikasi TKDN bagi Industri Kecil.

Di samping itu, pemerintah terus berupaya aktif melakukan upaya perluasan ekspor melalui kerja sama bilateral dan multilateral, juga membuka pasar ekspor ke negara-negara nontradisional.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Dorong Optimalisasi Kerja Sama RI-Bangladesh

“Kerja sama dengan negara mitra dan investor global dapat menjadikan Indonesia masuk di rantai pasok global, meninKemenperin Dorong Peningkatan Ekspor dan Penguasaan Pasargkatkan daya saing industri, dan membuka pasar luar negeri yang lebih luas,” kata Jubir Kemenperin,” pungkasnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!