KJRI Kuching Beri Santunan pada Keluarga Lina Samuel di Malaysia

Putraindonews.com – Pontianak | Konsul Jenderal Republik Indonesia di Kuching Raden Sigit Witjaksono memberi bantuan kemanusiaan kepada keluarga mendiang Lina Samuel yang tinggal di Lawas daerah bagian Limbang Sarawak Malaysia.

“Bantuan yang kami berikan berupa barang-barang kebutuhan hidup keluarga mendiang ibu Lina Samuel yang meninggal setelah didiagnosis menderita penyakit kanker stadium 4. Apa yang dialami oleh mendiang ibu Lina ini juga telah ketahui Dubes RI di Kuala Lumpur yang juga telah menginstruksikan KJRI Kuching segera melakukan pertemuan dan memberi bantuan kepada ibu Lina ini,” kata Konjen RI Kuching Raden Sigit Witjaksono, Minggu (30/4).

Sigit Witjaksono menjelaskan mengenai alasan permasalahan ibu Lina Samuel menjadi perhatian dari pihak Indonesia karena mendiang Lina Samuel sempat mendapat kendala dalam pelayanan saat berobat di Rumah Sakit Umum Lawas, Sarawak, Malaysia. Kasus ini menjadi perhatian orang ramai dan viral di media sosial.

BACA JUGA :   Sejarah, Beras Giling Kamboja untuk Pertama Kali Dikirim ke Indonesia

Mendiang Lina Samuel ini diperkirakan berasal dari Indonesia, khususnya dari Kalimantan Utara, dan telah berhijrah ke Lawas sebelum Kemerdekaan Sarawak. Akan tetapi, hingga akhir hayatnya beliau masih belum mendapat status kewarganegaraan Malaysia. Akibat penyakit yang dideritanya, Lina Samuel ini meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Lawas pada tanggal 25 April 2023.

Menurut Sigit, pada awalnya Lina Samuel ini diterima dan mendapat pelayanan pengobatan atas penyakitnya. Namun, pada saat akan mendapatkan perawatan lebih lanjut, terdapat kendala, Lina Samuel diminta pihak rumah sakit Lawas untuk menunjukkan identitas atau kartu penduduk.

BACA JUGA :   Tunggal Putra Andalan Jonathan Christie Hadapi Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023

Karena mendiang tidak bisa menunjukkan identitas atau kartu penduduk, lanjut dia, terjadi penolakan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari pihak rumah sakit.

“Lina Samuel di rumah sakit itu hanya mendapatkan perawatan yang dasar-dasar saja. Nah, dalam kondisi seperti itu, Agnes seorang penggiat sosial dari Malaysia menyatakan ingin membantu kesulitan ibu Lina Samel, kemudian menghubungi Ruran Lukas, salah satu anak dari Lina Samuel,” kata Sigit. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!