Papua Harapkan KTT ASEAN Beri Dampak Positif Keamanan Wilayah

Putraindonews.com – Jayapura | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan ada dampak positif dari pelaksanaan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Association of Southeast Asian Nations atau dikenal KTT ASEAN pada Mei 2023 terhadap suasana keamanan wilayah, khususnya di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto mengatakan pasca pandemi COVID-19, Indonesia dipercaya memimpin banyak kegiatan berskala dunia.

BACA JUGA :   Wali Kota Agustin Intriago Tewas Kena Tembakan

“Kini Indonesia setelah sukses menjadi Presidensi G-20, dilanjutkan dengan Keketuaan KTT ASEAN 2023,” katanya, Jumat (28/4).

Menurut Jeri, pada KTT ASEAN ini Indonesia kelima kalinya menjadi Keketuaan organisasi di tingkat kawasan yang berdiri sejak 8 Agustus 1967 yang hingga kini beranggotakan 11 negara.

“Dengan mengusung tema ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’ mempunyai makna bahwa Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan dunia,” ujarnya.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kolaborasi Global dan Kawasan, Kunci Diplomasi Indonesia Ke Depan

Dia menjelaskan Indonesia ingin membawa ASEAN menjadi kawasan yang memiliki peran penting, bagi negara kawasan dan dunia, berperan sentral sebagai motor perdamaian maupun kesejahteraan kawasan dan selain itu, Indonesia juga ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan dunia. Red/RP

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!