Puluhan Warga Kongo Tewas Saat Demonstrasi Anti-PBB

Putraindonews.com – Kongo | Lebih dari 40 orang tewas dan 56 terluka ketika tentara menggunakan kekerasan untuk memadamkan demonstrasi anti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota Goma di Kongo timur pada Rabu (30/8), kata pemerintah Kongo.

Pasukan Kongo secara paksa membubarkan demonstrasi terhadap misi penjaga perdamaian PBB dan misi-misi asing lainnya setelah rekaman penyerangan terhadap seorang polisi beredar di media sosial. Reuters tidak bisa memastikan kebenaran rekaman tersebut.

BACA JUGA :   Antisipasi Penurunan Turis Cina, Menteri Parenkraf Bidik Potensi Kunjungan dari Australia dan Amerika

Sebelumnya, pejabat setempat mengatakan bahwa seorang polisi dilempari batu sampai tewas dan enam pedemo terbunuh saat tentara turun tangan.

Tapi dalam sebuah pernyataan pada Kamis (31/8), pemerintah mengumumkan bahwa jumlah kematian bertambah menjadi 43 sementara 158 orang lainnya ditahan. Saat ini, masih dilakukan investigasi oleh pihak militer.

Rekaman di media sosial yang belum terbukti kebenarannya memperlihatkan tentara sedang menumpukkan jenazah-jenazah ke sebuah truk, yang kemudian berangkat meninggalkan Goma.

BACA JUGA :   Hamas Setuju Gencatan Senjata di Jalur Gaza selama Ramadhan

Anne-Sylvie Linder, kepala cabang Palang Merah Internasional di Goma, mengatakan kliniknya menerima banyak pasien dengan luka parah akibat tusukan dan luka tembak setelah demonstrasi itu.

“Sebagian sudah meninggal ketika tiba di klinik,” katanya.

Misi penjaga perdamaian PBB di Kongo timur, yang dikenal sebagai MONUSCO, menyampaikan duka cita melalui sebuah pernyataan dan menyatakan khawatir dengan ancaman kekerasan. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!