Respons Pemprov Jatim Atas Rencana Pembukaan Kantor Konsul Kehormatan Spanyol di Surabaya

Putraindonews.com – Surabaya | Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan respons terkait rencana pembukaan kantor konsul kehormatan Spanyol di Surabaya sehingga dapat mempercepat kerja sama antarnegara.

“Banyak potensi untuk dikerjasamakan di antaranya pembiayaan infrastruktur melalui skema kerja sama antar pemerintah dan badan usaha atau KPBU terkait pendanaan dan studi kelayakannya,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam keterangannya di Surabaya, Selasa (30/5).

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub Jatim ketika menyampaikan adanya peluang kerja sama saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Spanyol Fransisco Aguilera Aranda di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Senin (29/5).

BACA JUGA :   Pebulu Tangkis Tunggal Putri Indonesia Petik Pelajaran Berharga

Doktor Ekonomi Pembangunan lulusan Universitas Ritsumeikan Jepang itu juga menyebut peluang pertukaran dosen.

“Mengingat bahasa Spanyol banyak digunakan di berbagai negara, maka peluang untuk pertukaran dosen sangat memungkinkan. Jika terjadi pertukaran dosen otomatis akan ada pertukaran budayanya juga,” ujarnya.

Emil menandaskan rencana kerja sama tersebut perlu pemetaan teknis lebih lanjut dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Pemprov Jatim.

BACA JUGA :   Sentimen Positif, Rupiah Berpotensi Menguat

Tercatat Indonesia dengan Spanyol telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1958, di antaranya menjalin kerja sama di bidang pertahanan yang dipertegas dengan nota kesepahaman antara Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol di Jakarta yang diteken pada 13 Februari 2013 dan disahkan pada 2018. Red/MTB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!