Tatap Piala Dunia 2026, PSSI Fokus Kembangkan Talenta Muda

Putraindonews.com – Jakarta | Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini tengah fokus membangun kualitas pemain muda.

Hal itu dilakukan melalui program pengembangan pemain muda yang diproyeksikan untuk bisa menembus kompetisi Piala Dunia 2026 di AS, Meksiko, dan Kanada.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk bisa memaksimalkan potensi Indonesia mengikuti kompetisi sepak bola paling bergengsi yaitu Piala Dunia FIFA.

“Memang harus punya keberanian, kalau dihujat nggak apa-apa. Yang penting kita punya strategi jangka panjang dan jangka pendek,” kata Erick, Kamis (6/7).

BACA JUGA :   Momen Adu Penalti Garuda Muda vs Taeguk Warriors

Erick menargetkan Indonesia untuk bisa lolos babak kualifikasi Piala Dunia secara bertahap di setiap babak. Mulai dari putaran pertama yang akan dilangsungkan pada Oktober 2023 hingga berakhir pada Oktober 2025.

Menurut Erick, Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 dikarenakan ada jatah delapan setengah slot bagi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang bisa bermain di Piala Dunia 2026.

Erick menyebut Indonesia masih memiliki harapan untuk bisa menembus Piala Dunia 2026 jika slot yang disediakan untuk negara asia sebanyak lebih dari delapan slot.

BACA JUGA :   Hadapi Ancaman Perubahan Iklim, Presiden Jokowi Tegaskan Soal Kolaborasi

Untuk saat ini, PSSI tengah memprioritaskan pembentukan Timnas U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia FIFA U-17. Tak main-main, PSSI menyaring pemain-pemain muda terbaik dari sembilan kota Indonesia, sekaligus menyelaraskan seleksi dari program Garuda Select yang sudah bisa terbukti mengalahkan pemain akademi Eropa. Selain itu, prioritas lain PSSI adalah kompetisi AFC atau Piala Asia U-23.

Sementara ajang olahraga lain yang akan diikuti oleh timnas sepak bola Indonesia seperti Asian Games 2023 dan AF U-23 tidak dijadikan prioritas oleh PSSI, melainkan untuk pengembangan pemain saja. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!