UPC Sukabumi Bayu Energi Umumkan Perpanjangan Kerjasama Pengembangan Kawasan CPUGGp

Putraindonews.com – Sukabumi | PT UPC Sukabumi Bayu Energi (“UPC”) dengan antusias mengumumkan penandatanganan perpanjangan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi. Kesepakatan ini semakin mengukuhkan kerjasama berlanjut keduanya dalam pengembangan Kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp), dengan tujuan mengoptimalkan pertumbuhannya dan memperkuat pemberdayaan masyarakat setempat.

Mengukuhkan komitmen berkelanjutan terhadap wilayah tersebut, UPC saat ini tengah menggarap pengembangan proyek yang sangat inovatif, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (“PLTB”) berkapasitas 150 MW di Kecamatan Ciemas, Simpenan, dan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Proyek ini mencerminkan tekad kuat UPC dalam mengemban tanggung jawab lingkungan dan sosial, sembari berupaya menjalin kemitraan berkelanjutan dengan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Dalam kolaborasi menarik dengan Geopark Ciletuh, UPC berencana untuk menyatukan proyek PLTB Sukabumi berkapasitas 150 MW dan Geopark Ciletuh menjadi pusat pariwisata outdoor yang diakui secara internasional. Upaya besar ini melibatkan kolaborasi strategis dengan sebuah perusahaan pariwisata outdoor adventure tourism terkemuka dunia, Warrior Group, untuk mengembangkan pengalaman wisata petualangan yang luarbiasa.

Dalam kesepakatan bersama yang menarik ini, UPC dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi akan:

1. Menggandeng potensi wisata dan ekonomi kreatif dalam Kawasan CPUGGp yang belum terjamah. Komitmen kuat ini bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang baru bagi masyarakat setempat.

2. Tanggungjawab lingkungan dan sosial menjadi fokus utama UPC melalui program Corporate Social Responsibility yang komprehensif. Pemanfaatan potensi dan keunikan masyarakat lokal secara optimal menjadi kunci dalam upaya ini, untuk menghasilkan dampak positif.

BACA JUGA :   Indonesia Dorong Terbentuknya Skema Kemitraan Pariwisata Baru dalam “New Normal” di ASEAN

3. Program Kemitraan dan Tanggung Jawab Lingkungan menjadi pijakan kokoh bagi UPC. Melalui sinergi erat dengan pemerintah setempat, dukungan tanpa batas terus mengalir guna memajukan pengembangan proyek-proyek UPC di Kawasan CPUGGp.

UPC dengan bangga mengumumkan bahwa proyek PLTB Sukabumi 150 MW telah mendapat dukungan besar dari berbagai otoritas pemerintahan. Peraturan Presiden No. 87/2021, yang menekankan percepatan pembangunan infrastruktur di Kawasan Rebana dan Jawa Barat bagian Selatan, telah menetapkan proyek PLTB Sukabumi 150 MW sebagai proyek infrastruktur prioritas satu. Selain itu, Provinsi Jawa Barat juga telah menetapkan proyek PLTB Sukabumi 150 MW sebagai proyek infrastruktur strategisprovinsi.

“Dengan antusias kami menyambut kesepakatan bersama yang telah diamandemen dan diperbarui dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi,” ujar Niko Priyambada, Direktur PT UPC Sukabumi Bayu Energi. Selasa (1/8).

“Dengan kolaborasi yang luarbiasa ini, kami tidak hanya membuka peluang untuk mengembangkan kawasan CPUGGp hingga potensinya maksimal, namun sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat setempat. Kami bangga menjadi pelopor dalam pembangunan berkelanjutan dan pariwisata di wilayah ini. Kini, satu-satunya bagian yang belum lengkap dari kolaborasi strategis dan menguntungkan ini tinggal menunggu penugasan Pemerintah Pusat dan PLN untuk merealisasikan Proyek PLTB Sukabumi 150 MW sehingga kerjasama dengan Geopark Ciletuh ini dapat segera terwujudkan.”

BACA JUGA :   Timnas eFootball Indonesia Bersua Jepang Hari Ini

Dengan penuh semangat, Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyatakan, “Sejalan dengan rencana pembangunan PLTB Sukabumi 150 MW, salah satu tujuannya adalah mengintegrasikan potensi pariwisata berkelanjutan berstandard Internasional dengan Pengembangan Kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dengan tegas mendukung agar Pembangunan PLTB Sukabumi 150 MW mendapat perhatian dan tindak lanjut segera dari Pemerintah Pusat dan PT PLN (Persero), karena UPC telah melakukan tahapan pengembangan sejak tahun 2013 dan telah melalui proses perizinan serta membangun kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Sukabumi.“

Dengan penuh harapan UPC mengajak Pemerintah Pusat, Kementerian ESDM dan PLN untuk segera merealisasikan proyek PLTB Sukabumi 150 MW.

Melalui kerjasama ini, bersama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi dan Geopark Ciletuh, UPC berharap dapat menciptakan Kawasan Geopark yang diakui secara global sebagai wujud dari keindahan alam Indonesia.

Kawasan ini akan menjadi pusat promosi pariwisata berkelanjutan dan upaya pelestarian budaya serta perlindungan lingkungan yang dijalankan bersama- sama di kawasan Geopark Ciletuh. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!