Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Bupati Sleman Imbau Warga Waspada

***

Putraindonews.com – Sleman | Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo mengingatkan warga di kawasan lereng agar tetap mewaspadai aktivitas vulkanis Gunung Merapi yang belakangan sedanh meningkat.

“Kami minta masyarakat untuk tetap tenang, namun waspada, jangan panik dan tidak mudah terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Merapi. Tetap ikuti informasi dan arahan dari Pemerintah Kabupaten Sleman,” kata Kustini di Sleman, Sabtu (11/3).

BACA JUGA :   Gubernur Sumsel & Walikota Prabumulih Kukuhkan 369 Petugas P2UKD Serta P2UKK

Dari pantauan, Gunung Merapi kini kembali menunjukkan aktivitas vulkanis pada Sabtu siang sekitar pukul 12.12 WIB dengan meluncurkan awan panas guguran (APG) ke arah Sungai Bebeng dan Krasak.

Menurut Bupati Sleman, pihaknya juga terus melakukan komunikasi intens dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

“Sedangkan untuk mitigasi yang dilakukan, kami telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman untuk secara intens melakukan pemantauan perkembangan aktivitas Gunung Merapi,” ungkapnya.

BACA JUGA :   MUNCULNYA KLASTER BARU COVID-19, Tim Pakar ; Klaster Perkantoran Menjadi Perhatian Masyarakat

Ia mengatakan, pihaknya juga telah mengecek semua, mulai dari perangkat “Early Warning System” (EWS) siap dibunyikan dalam keadaan bahaya, armada dan petugas evakuasi juga siap.

“Serta kami minta lakukan pengamanan wilayah berbahaya 5 kilometer dari puncak sesuai rekomendasi dari BPPTKG,” katanya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!