Babak Baru Perjanjian Kerja Sama Ekstradisi Indonesia-Rusia

***

Putraindonews.com – Bali | Babak baru kerja sama Indonesia-Rusi kembali dibuka setelah kedua pihak menandatangani perjanjian kerja sama ekstradisi di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3).

Menteri Kehakiman Rusia Konstantin Anatolievich Chuychenko datang langsung ke Bali, Jumat, untuk menghadiri upacara penandatanganan perjanjian kerja sama ekstradisi bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly.

Melalui kerja sama tersebut, kedua negara dipastikan memiliki dasar hukum untuk mengajukan ekstradisi terhadap pelaku kejahatan dari masing-masing negara.

Yasonna mengatakan bahwa perjanjian ekstradisi itu penting bagi Indonesia dan Rusia karena memudahkan aparat penegak hukum kedua negara untuk menindak kejahatan, terutama yang sifatnya lintas batas (transnational crimes).

BACA JUGA :   Ingat, Esok Tes SKD CPNS Setkab dan Kemensetneg Dimulai

“Banyak transnational crimes berupa cyber crime (kejahatan siber), pencucian uang atau money laundering, narkotika, korupsi, dan lain-lain; yang dengan perjanjian ekstradisi ini memudahkan kami bekerja sama,” kata Yasonna di Bali, Jumat (31/3).

Perjanjian ekstradisi itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama bantuan hukum timbal balik (mutual legal assistance) yang telah disepakati oleh dua negara pada 2019.

“Kami sudah menandatangani perjanjian mutual legal assistance pada 2019 di Moskow. Kerja sama bantuan hukum itu untuk bidang kriminal. Rencananya waktu itu, perjanjian ini akan diteken saat Presiden Putin ke Indonesia; tetapi karena COVID-19, itu tidak terjadi. Kami menunggu dan sekarang waktunya,” ujar Yasonna.

BACA JUGA :   Stikes Papua-Sorong Kali Pertama Terima Pertukaran Mahasiswa dari 27 PTN-PTS

Meskipun baru diteken saat ini, Yasonna menjelaskan bahwa perjanjian itu baru berlaku ketika Indonesia meratifikasi kesepakatan tersebut dalam undang-undang.

Pemerintah Indonesia segera memproses itu, sehingga Indonesia memiliki dasar hukum untuk mengajukan permohonan ekstradisi atau pun menerima permohonan ekstradisi dari Rusia. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!