Banten Diguncang Gempa M5.5, Tidak Berpotensi Tsunami ‘Terasa Sampai Jakarta’

***

Putraindonews.com – Jakarta | Wilayah Pantai Selatan Lebak, Banten diguncang gempa tektonik Pada Hari Jumat 04 Februari 2022 pukul 17.10.45 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,48° LS ; 105,92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 Km arah BaratDaya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km.

BMKG memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra Lempeng Indo-Australia.

BACA JUGA :   Gubernur VBL bersama Menteri KKP Panen Lobster di Kawasan Mulut Seribu Rote Ndao

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun ( oblique normal ), dengan parameter sesar yaitu bidang nodal 1 strike 98,17°; dip 82,84°; rake -149,38°; dan bidang nodal 2 strike 3,95°; dip 59,64°; rake -8,31°.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), daerah Malingping, Bayah, Cihara, Panggarangan, Ciptagelar, Wanasalam, Sukabumi, Rangkas Bitung, Cireunghas, Cikeusik dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

BACA JUGA :   Batasi Kabel Semrawut, Pemprov DKI Tak Akan Beri Izin Penambahan Jaringan

Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), daerah Sawarna, Pangalengan, Jakarta, Kota Tangerang, Kab. Tangerang, Tangerang Selatan, Parung Panjang dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI. Red/Ben
***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!