Berikan Arahan Virtual, Presiden ; Varian Baru COVID-19 ‘Omicron’ Masuk Indonesia

***

Putraindonews.com – NTT | Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A. menghadiri rapat pengarahan virtual Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo kepada Gubernur, Bupati, Walikota, Kapolda, dan Pangdam seluruh Indonesia, Kamis 16/12/21 bertempat di Aula Nuca Lale Kantor Bupati Manggarai.

Turut hadir dalam rapat virtual ini antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo, SH.,S.I.K, dan Dandim 1612 Manggarai, Letkol Kav. Ivan Alfa, S. Sos.

Rapat ini digelar sehubungan dengan telah ditemukannya Virus COVID-19 varian baru bernama Omicron di Indonesia.

“Tadi pagi juga sudah disampaikan oleh Menteri Kesehatan bahwa Varian Omicron ini telah ditemukan di negara kita, artinya sudah masuk ke negara kita,” tutur Presiden Jokowi.

“Omicron telah masuk ke 88 negara. Jumlah kasusnya di dunia naik tiga kali lipat dalam tiga hari ini. Lebih menular, lebih cepat menular,” tutur Presiden RI.

BACA JUGA :   Perpres No. 75/2019: Inilah Tarif Baru Iuran BPJS Kesehatan Yang Berlaku Per 1 Januari 2020

Sebab itu Presiden Jokowi mengingatkan semua Pemerintah Daerah untuk tidak lengah. “Rumah sakit betul-betul disiapkan, cek oksigen, cek obat-obatan,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, menegaskan tiga poin penting yang harus dilakukan oleh Kepala Daerah, Kapolda, dan Pangdam seluruh Indonesia guna menekan laju penyebaran varian Omicron.

“Pertama, pastikan protokol kesehatan berjalan, utamanya masker. Pastikan itu. Lakukan pengawasan, lakukan kontrol lapangan karena kuncinya ada disini. Sekali lagi pastikan protokol kesehatan itu berjalan utamanya di tempat-tempat yang tingkat interaksi masyarakatnya tinggi,” tegasnya.

Kedua, testing dan tracking harus terus menerus dilakukan sesuai dengan standar pencegahan dan penangan COVID-19 yang telah ditetapkan selama ini.

BACA JUGA :   Lion Air Merilis Kinerja Ketepatan Waktu 74,07%

“Ini harus terus dilakukan sesuai dengan standar yang sudah sejak satu tahun lalu sudah sering dikerjakan. Jangan sampai mengurangi dari standar yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Ketiga, Presiden Jokowi juga menginstruksikan untuk mempercepat proses vaksinasi sesuai dengan target pemerintah pusat.

“Saya minta kepada Pangdam, Kapolda, Pemerintah Daerah menggerakan lagi percepatan vaksinasi ini, karena ini akan sangat membantu memproteksi rakyat kita dari COVID-19, baik itu dari Varian Delta maupun Varian Omicron. Agar ini bisa dikejar sampai akhir tahun diselesaikan,” katanya.

Setelah menerima arahan Presiden Jokowi, Bupati Hery langsung menggelar rapat bersama Dinas Kesehatan dan BLUD RSUD dr. Ben Mboi untuk menindaklanjuti arahan tersebut. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!