Bupati Tulungagung Menjadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78

Putraindonews.com – Tulungagung | Bupati Tulungagung menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke -78, Kamis (17/8/2023), yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Tulungagung.

Tampak mengikuti upacara Wakil Bupati Gatut Sunu WIbowo, Dandim 0807 Letkol CZI Nooris Agus Rinanto,SIP, Kajari Ahmad Muklis SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Tulungagung Crila Nur Endah SH MH, Kapolres Tulungagung Teuku Arsya Khadafi SH SIK MH, Kalapas, seluruh kepala OPD,  dan seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung

Peringatan upacara HUT RI kali ini diselenggarakan secara hikmat, Adapun rangkaian kegiatan upacara antara lain;

– Pukul 08.10 WIB, kegiatan dimulai
– Pukul 08.15 WIB, komandan upacara memasuki lapangan upacara
– Pukul 08.18 WIB, Inspektur upacara tiba dilapangan upacara dilanjutkan penghormatan pasukan.
– Pukul 08.20 WIB, laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara
– Pukul 08.23 WIB, Penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara.
Pukul 08.25 WIB, Laporan komandan upacara.
– Pukul 08.30 WIB, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Sdr. Marsono, S.Sos. (Ketua DPRD Tulungagung).
– Pukul 08.35 WIB Mengheningkan cipta
– Pukul 08.37 WIB, pembacaan doa
– Pukul 08.40 WIB, andika Bhayangkari
– Pukul 08.42 WIB, Pengibaran Bendera Merah Putih oleh anggota Paskibraka
– Pukul 08.47 WIB, Penghormatan kepada Bendera Merah Putih.
– Pukul 08.50 WIB, Laporan komandan upacara.
– Pukul 08.55 WIB, Upacara selesai Inspektur upacara berkenan meninggalkan mimbar upacara.

BACA JUGA :   Senin Besok Panglima TNI & Kapolri Berkantor di Bumi Cenderawasih

Dalam hal ini Bupati Tulungagung ketika ditemui awak media, usai kegiatan menyatakan, hari ini diperingati hari kemerdekaan yang ke 78, semoga di hari kemerdekaan ini mengingatkan kita sejarah perjuangan bangsa untuk meraih kemerdekaan di Republik tercinta ini, khususnya kita sebagai generasi generasi penerus.

Bupati menambahkan, seluruh unsur Forkopimda kami intruksikan agar tanggal 17 Agustus ini bersama sama dengan seluruh masyarakat di Indonesia termasuk di Tulungagung mari kita mengheningkan cipta sejenak dan mengingat kembali atas perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan yaitu untuk memperoleh proklamasi 17 Agustus dan di tahun 2023 ini memasuki usia yang ke 78.

BACA JUGA :   TIGA PULUH LIMA NAKES RSBAM Divaksin COVID-19

“Semoga kita semakin cinta tanah air dan semakin tumbuh patriotisme tetap terjaga terus sehingga kita semakin solid dan bangsa Indonesia semakin maju menjadi bangsa yang.besar,” katanya.

Dan di hari kemerdekaan ini juga diberikan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM sesuai pasal 348 ayat 4 Nomor 99 tahun 2012.

Usai upacara bendera, Bupati Maryoto Birowo Bersama Forkopimda menuju Lapas Tulungagung, menyaksikan pemberian remisi pada 394 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tulungagung.

Pemberian remisi secara simbolis di momen ini oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) diberikan kepada warga binaan yang berkelakuan baik.

“Dengan harapan, agar tidak mengulangi kesalahan dan menjadi baik, saya yakin ketika kembali ke masyarakat akan menjadi lebih baik,” pungkasnya. Red/AG

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!