Cegah Penggunaan Pestisida, Disbun Provinsi Kaltim Ajak Petani Gunakan Cara Alami

Putraindonews.com – Kaltim | Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak para petani menggunakan cara alami untuk mengendalikan hama tanaman sebagai pengganti penggunaan pestisida.

Kepala UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) Disbun Kaltim Sopian menjelaskan kepada para petani, di Desa Karang Jenawi, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara terkait penggunaan agen pengendali hayati dengan memanfaatkan mahkluk hidup di sekitar perkebunan.

BACA JUGA :   BENAHI REGULASI DAN BIROKRASI, Pandemi COVID-19 Tidak Menghambat Upaya Pemerintah Lakukan Reformasi Struktural

Ia mengungkapkan sejumlah binatang, seperti predator parasitoid, patogen serangga, antagonis patogen tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk pengendali organisme pengganggu tanaman perkebunan.

“Saat ini masih banyak petani kebun yang menggunakan pestisida sintetis dalam pengendalian organisme pengganggu tumbuhan (OPT),” kata Sopian saat memberikan pelatihan kepada para petani di Penajam Paser Utara dalam keterangan yang diterima, Senin (12/6).

Padahal, kata Sopian, penggunaan bahan kimia tersebut selain membutuhkan biaya lumayan, juga mengakibatkan timbulnya beberapa masalah yang kurang menguntungkan, di antaranya timbul resistensi terhadap tanaman dan pencemaran lingkungan.

BACA JUGA :   Sudah Talangi BPJS Rp4,9 Triliun, Presiden Jokowi: Kalau Tahun Depan Masih Diulang, Kebangetan

“Kami sarankan kepada para petani untuk lebih bijaksana dalam pengendalian OPT, yakni dengan menggunakan musuh alami atau dengan istilah agen hayati, karena dengan biaya yang murah namun tidak menimbulkan dampak pada lahan,” kata Sopian. Red/RZ

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!