Dinkes Mataram Sebut Ribuan Siswi SD Sudah Divaksin HPV

Putraindonews.com – Mataram | Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak 2.575 siswi kelas V sekolah dasar (SD) di kota ini sudah mendapatkan vaksinasi human papillomavirus vaccine (HPV) dosis pertama.

“Alhamdulillah, realisasi cakupan vaksinasi HPV sudah mencapai 65 persen lebih dari target sasaran 3.910 siswi,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram Chairul Sochib di Mataram, Minggu (17/9/23).

Menurut dia, vaksinasi HPV bertujuan untuk membantu melindungi dari anak perempuan dari infeksi penyebab kanker leher rahim (serviks).

BACA JUGA :   Pasca Lebaran, PPKM Jawa-Bali & Luar Jawa-Bali Diperpanjang 'Serentak Untuk Seluruh Wilayah NKRI'

“Layanan vaksinasi HPV diberikan secara gratis sebagai salah satu upaya pemerintah melindungi masyarakat dari virus tersebut,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, Dinkes Kota Mataram saat ini masih melakukan layanan vaksinasi ke sekolah-sekolah baik SD maupun madrasah ibtidaiyah (MI) dengan melibatkan tim dari puskesmas di masing-masing wilayah.

Sedangkan terkait dengan jumlah dosis vaksin, menurutnya, saat ini sudah tercukupi sehingga dalam pelaksanaan vaksinasi HPV ini relatif belum ada kendala secara prinsip.

BACA JUGA :   Dinilai Menghalangi Penyidikan, JAM PIDSUS Periksa 2 Saksi Terkait Dugaan TPK Waskita Karya

“Stok vaksin HPV kita sudah tercukupi sesuai target sasaran. Kekurangan vaksin sudah distribusi provinsi,” katanya.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram dr Hj Eka Nurhayati, SpOG sebelumnya sangat mendukung pemberian vaksin HPV bagi siswi SD untuk membantu melindungi anak sejak dini dari infeksi penyebab kanker leher rahim (serviks).

“Pemberian vaksin HPV bagi siswi SD sebanyak 2 kali, mampu memberikan perlindungan dari virus HPV hingga 20 tahun ke depan,” katanya. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!