Diprediksi Meroket, Tahun Depan Harga Emas Bakal Tembus Rp1.6 Juta/Gram

***

Putraindonews.com – Jakarta | Harga emas diprediksi bakal meroket di tahun 2023. Bank investasi asal Denmark, Saxo Bank, menerbitkan laporan soal prediksi ekonomi 2023.

Adapun salah satu yang diprediksi adalah meroketnya harga emas ke level yang sangat tinggi tahun depan. Dilansir CNBC, Senin (26/12/2022), Saxo Bank juga memprediksi ekonomi global beralih ke mode perang tahun depan.

Kaitannya dengan itu, berbagai negara mencari keuntungan ekonominya sendiri dan mengutamakan kemandirian produksi dalam negeri daripada perdagangan global.

BACA JUGA :   Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional, PUSKAPU Gelar Webinar Kepatuhan Dunia Usaha dan BUMN

Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank Ole Hansen memperkirakan harga emas bisa melebihi US$ 3.000 atau sekitar Rp 46,5 juta (kurs Rp 15.500) per ounce pada 2023.

Dalam hitungan gram, 1 ounce setara 28,35 gram. Artinya, per gramnya emas akan berada di harga Rp 1,6 juta. Jumlah tersebut 67% lebih tinggi dari harga saat ini sekitar US$ 1.797 per ons atau sekitar Rp 982 ribu per gram.

Menariknya, Saxo Bank memperkirakan lonjakan terjadi karena tiga faktor, pertama mentalitas ekonomi perang yang meningkat yang membuat emas lebih menarik daripada cadangan devisa. Kedua, investasi besar dalam prioritas keamanan nasional baru. Ketiga, peningkatan likuiditas global karena pembuat kebijakan mencoba menghindari bencana utang di masing-masing negara.

BACA JUGA :   Eddy Ganefo ; Usulan Stimulus Pemerintah Sudah Benar, Dunia Usaha Tinggal Menyelaraskan

“Saya tidak akan terkejut melihat ekonomi yang digerakkan oleh komoditas ingin beralih ke emas karena kurangnya alternatif yang lebih baik. Jelas sekali harga emas akan terbang,” ujar Steen Jakobsen, kepala investasi di Saxo. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!