Gelar RAT Ke-VII, KSP Kopdit Spirit Soverdia Manggarai Evaluasi Jalannya Koperasi ‘Dihadiri Bupati’

***

Putraindonews.com – NTT | KSP Kopdit Spirit Soverdia menggelar kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang ke VII Tahun Buku 2021 yang berlangsung di Aula SMAK Setia Bakti Ruteng, Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, NTT pada Sabtu, 26/02/22.

Hadir dalam RAT tersebut Bupati Manggarai Herybertus G L Nabit, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, perwakilan Puskopdit Manggarai, serta pengurus, pengawasan, manajemen, dan anggota KSP Kopdit Spirit Soverdia.

Ketua pengurus KSP Kopdit Spirit Soverdia, Pater Simon Suban Tukan, SVD kepada awak media menyampaikan tujuan dari Rapat anggota tahunan (RAT) merupakan forum kekuasaan tertinggi Koperasi, yang mana untuk Menilai pertanggung jawaban pengurus, pengawas dan partisipasi anggota dalam tahun buku 2021 juga menetapkan kebijaksanaan pengurus dalam tahun buku yang akan datang Tahun 2022.

Selai itu juga mengevaluasi jalannya koperasi pada tahun 2021 dan menentukan target-target yang ingin dicapai di tahun buku selanjutnya selain penambahan anggota juga menargetkan penambahan saham koperasi dan lainnya.

BACA JUGA :   Produk Halal Indonesia, Sinergi & Kolaborasi Platform Digital Dorong Peningkatan Ekspor

Pater simo juga menjelaskan ada tiga kategori dalam pinjaman di KSP Kopdit Spirit Soverdia yakni pinjaman kebutuhan, Kesejahteraan dan pinjaman usaha.

Ia melihat, Pinjaman kebutuhan yang lebih orientasi adalah biaya pendidikan karena itu adalah investasi masa depan.

“Anggota kami lebih banyak dari kalangan petani dan masyarakat desa. kami melihat kebutuhan terbesar dari keluarga-keluarga kita adalah biaya pendidikan. karena itu dalam pelayanan kami kepada anggota, pendidikan sebagai hal yang diprioritaskan,”ungkapnya.

Sementara itu, pada tempat yang sama juga Manajer KSP Kopdit Spirit Soverdia, Yuliana Nelci, S.Pd menyampaikan, jumlah anggota KSP Kopdit Spirit Soverdia sampai 31 Desember 2021 berjumlah 1823 anggota dengan kategori dewasa berjumlah 1620 dan kategori anak-anak berjumlah 203 anggota. Sementara untuk jumlah saham samapi dengan Desember 2021 sebesar Rp. 2.182.789.065 dan total aset sejumlah Rp. 4.808.513.987.

BACA JUGA :   Dorong Pertumbuhan Investasi di Daerah, Kementerian Investasi Jalin Kerja Sama dengan APKASI

Yuliana menambahkan, upaya meningkatkan anggota di tahun 2022 ada beberapa target wilayah yang akan dilakukan pendidikan untuk anggota baru.

“Kami akan gencar untuk melakukan pendidikan dan juga sosialisasi. Kebetulan untuk sementara ini kami biasanya melalui media online untuk menyebarkan terkait keberadaan koperasi Soverdia dan yang paling penting tadi yaitu pendidikan di setiap titik yang akan kami capai di tahun buku 2022” tutupnya.

Untuk diketahui Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Spirit Soverdia mendapat sertifikat Koperasi Sehat dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai pada Tahun Buku 2021. Koperasi ini meraih skor 80,50. Red/Ben

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!