Evaluasi Tumbuh Kembang Balita, TP PKK Kabupaten Sumba Barat Gelar Lomba Balita Sehat

Putraindonews.com – NTT | Peningkatan kecerdasan, produktifitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) dimulai dengan pembangunan pada masa kanak-kanak. Dalam keseluruhan siklus hidup manusia, masa balita (usia di bawah lima tahun) merupakan masa yang paling menentukan dalam pembangunan manusia yang handal, karena merupakan masa yang paling kritis terutama ditinjau dari aspek pertumbuhan dan perkembangannya.

Ironisnya tidak semua pihak menyadari bahwa tumbuh dan berkembangnya generasi muda ini dimulai dari keluarga. Upaya meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan memacu semangat orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal, menjadikan anak sebagai generasi yang cerdas dan berkualitas mengingat anak merupakan salah satu asset yang sangat berharga.

Oleh karena itu, TP PKK Kabupaten Sumba Barat melaksanakan Lomba Balita Sehat sebagai wahana untuk mengevaluasi tumbuh kembang balita serta memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kesehatan balita di Kabupaten Sumba Barat.

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Balita Sehat Tahun 2023 yang digelar Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumba Barat yang dilaksanakan di Aula Rujab Bupati Sumba Barat, Jumat (1/12).

Menurutnya apa yang dilakukan TP PKK Kabupaten Sumba Barat merupakan langkah cerdas.

“Lomba ini jangan dilihat dari hasil akhir atau sekedar lomba saja, tapi dilihat prosesnya dari perlombaan ini. Lomba ini adalah sebuah ajakan atau kampanye bagi kesehatan balita,” ujar Bupati Yohanis.

Lomba Balita Sehat diikuti oleh perwakilan bayi dan balita berasal dari 6 (enam) kecamatan sebanyak 36 orang. Perwakilan 6 peserta dari 6 Kecamatan masing-masing didampingi oleh Ibu Ketua TP PKK Kecamatan atau yang mewakili dan perwakilan 1 (satu) bidan dari puskesmas.

Bupati Yohanis Dade berharap adanya lomba ini bisa memotivasi para orang tua untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita secara optimal serta mencegah stunting.

Tidak kalah penting, Bupati Yohanis Dade berpesan kepada seluruh orang tua bayi yang agar setelah selesai lomba balita sehat tingkat Kabupaten Sumba Barat ini, bisa menyampaikan ilmu pengetahuan yang di dapat selama kegiatan lomba.

Kemudian siapapun pemenang lomba balita sehat nantinya, diharapkan bisa menjadi contoh, serta memotivasi orang-orang terdekat dan sekitar bagaimana cara pengasuhan dan hal hal lainnya agar bayi dan balita tumbuh dengan sehat.

Lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Sumba Barat juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal, meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan ibu anak kepada duta balita sehat, keluarga dan tokoh masyarakat serta meningkatkan motivasi kader dan lintas sektor dalam upaya pemberdayaan dan promosi kesehatan ibu anak.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan para orang tua akan lebih mengenal pertumbuhan dan perkembangan balita, mengetahui sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan balita dan mengidentifikasi masalah pertumbuhan dan perkembangan balita. Orang tua juga dapat mengupayakan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan bila balita mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan,” pungkasnya. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!