Gaya Hidup dan Ekses LGBT Harus Segera Direspons Negara

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo

PUTRAINDONEWS.COM—NEGARA memang harus segera merespons gaya hidup komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang kian marak dan terbuka dengan segala ekses­nya. Respons negara melalui peraturan perundang-undangan sangat diperlukan untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat yang resisten terhadap kecenderungan itu. Namun, dalam menyikapi keberadaan komunitas LGBT harus tetap berpijak pada prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM).

Penegasan sikap negara bersifat mendesak karena gaya hidup komunitas LGBT tidak hanya menggambarkan hal-hal tidak lazim, tetapi juga sudah menghadirkan rentetan ekses yang sangat mengerikan. Selain rangkaian kasus pesta seks dan perkawinan sejenis, ekses gaya hidup LGBT bahkan sudah menghadirkan kasus pembunuhan berantai, menyebarkan virus HIV AIDS, serta membidik dan menjaring anak-anak di bawah umur untuk dijadikan anggota komunitas. Jika mengacu pada sejumlah data historis tentang ekses itu, muncul kesan bahwa negara sesungguhnya sangat terlambat melahirkan peraturan perundang-undangan yang berfokus pada pengen­dalian gaya hidup komunitas LGBT.

Akibatnya, masyarakat melihat dan merasakan bahwa komunitas LGBT kini tidak hanya leluasa mengekspresikan gaya hidupnya, tetapi leluasa pula melakukan sejumlah tindakan yang terindikasi pidana. Ekses atau horor dari komunitas ini pun sudah terlihat sejak lama. Pada 2012 dan 2008, terungkap dua ka­sus pembunuhan berantai yang dilakukan dua orang gay. Pembunuhan berantai itu dilakukan oleh Very Idham Henyansah alias Ryan, 34, saat ditangkap pada Juli 2008), dan Mujianto alias Menthok alias Genthong, 24. Ryan membunuh 11 orang pasangan sejenisnya karena cemburu. Pun karena cemburu, Mujianto meracuni 15 teman pasangan sejenisnya sejak 2011, dan empat di antaranya tewas.

Pembunuhan oleh Ryan menyita perhatian karena ditemukannya tujuh potongan tubuh manusia di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan, yang dibuang di tempat berbeda. Belakangan diketahui mayat korban mutilasi tersebut bernama Heri Santoso. Pembunuhan karena alasan cemburu pasangan sejenis terus berlanjut. Pada November 2017, Badrun, 43, membunuh pasangan sejenisnya, Iman Maulana, 19. Mayatnya dibuang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Badrun cemburu karena Iman menjalin cinta dengan seorang wanita. Di Bogor, hubungan cinta sejenis antara Solihin, 32, dengan Deni, 26, pun berujung tragis. Solihin tewas di tangan Deni pada Mei 2016. Di Indramayu, polisi menangkap Rahman ka­rena diduga mem­bu­nuh pasangan sejenisnya, Mukana, 48, pada September 2017. Tidak hanya horor akibat aksi pembunuhan, beberapa desa pun sudah terguncang oleh adanya perkawinan sejenis. Pada Juli 2017, warga Jember dihebohkan oleh pernikahan pasangan sejenis, Muhammad Fadholi, 21, warga Dusun Plalangan, Desa Glagahwero, Kecamatan Panti dan Ayu Puji Astutik, 23, warga Dusun Krasak, Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung. Belakangan diketahui bahwa Ayu ternyata laki-laki.

BACA JUGA :   MEMILIKI 44 KAMAR, Kini Wisma Atlet Jalak Harupat Menjadi Pusat Isolasi Terpadu Untuk Pasien Covid-19

Di Sulawesi Selatan, warga Dusun Erelebu, Kelurahan Eka­tiro, Kecamatan Bontotiro, Ka­bupaten Bulukumba, juga dihebohkan oleh perkawinan pasangan sejenis. Kedua mempelai sama-sama berkelamin perem­puan. Pernikahan antara Rahmat Yani alias Rahmayani, 28, dengan kekasihnya, Safira Nurul Husna, 20, terjadi pada Minggu 17 Septemb­er 2017. Se­mentara di Purworejo, Jawa Tengah, polisi setem­pat menetapkan seorang perempuan ber­inisial NAA, 27, sebagai tersangka kasus pemalsuan identitas. Identitas palsu itu akan digunakan pelaku untuk bisa menikah dengan pasangan sejenis. NAA berniat menikahi W, 27, warga Desa Sidoleren, Gebang, Purworejo.

Pada September 2015, Bali pun dihebohkan dengan kasus pernikahan dua pria pada se­buah hotel di Ubud. Sementara Jakarta dibuat heboh oleh peng­gerebekan pesta seks kaum gay di dua lokasi pada Mei dan Ok­tober 2017 di Kelapa Ga­ding dan di Harmoni. Sed­i­kit­nya 141 pria diamankan Petugas Polres Me­tro Jakarta Utara dari Ruko Ko­kan Permata, Kelapa Gading Barat. Dari lokasi T 1 Sauna di Har­moni, Polres Metro Jakarta Pusat menangkap 51 pria saat pesta ber­lang­sung. Pada April 2017, warga Surabaya pun dikejutkan peng­gerebekan pesta gay di sebuah hotel.

Dari 14 pria yang ditangkap, lima di antaranya positif mengidap HIV. Bahkan, warga Aceh pun terkejut ketika pasangan gay (liwath) berinisial MH, 20, dan MT, 24, harus menjalani 80 kali hukuman cambuk di depan umum pada Mei 2017 di Kota Banda Aceh. Itulah gambaran tentang rangkaian ekses dan horor akibat perilaku tak terkendali komunitas LGBT. Sudah waktunya negara mening­katkan kepeduliannya.

Aspek Pemidanaan

Karena sulit me­ne­mukan pasangan, kelompok-kelompok LGBT tak jarang membidik dan menjebak remaja serta anak-anak di bawah umur. Kecenderungan inilah yang patut diwaspadai negara. Dalam pengge­re­bek­an kasus pesta seks kelompok gay di Cianjur pada 13 Januari 2018, polisi mengamankan seorang pelajar yang mengaku dipaksa mengikuti kegiatan menyimpang itu, setelah sebelum­nya dicekoki minuman keras.

BACA JUGA :   500 TON OKSIGEN CAIR, Indonesia Terima Bantuan Dari Tanoto Foundation

Dalam catatan akhir 2017, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) melaporkan bahwa persoalan LGBT atau kekerasan seksual sudah menjadi permasalahan nomor dua bagi anak. Sepanjang 2017, ada 28 kasus anak korban kekerasan; 17 kasus kekerasan seksual, 9 kasus kekerasan fisik, dan 2 kasus kekerasan psikis. LPAI mengingatkan, ketidaksenonohan seksual sesama jenis terhadap anak memiliki kadar keburukan yang luar biasa, yaitu pe­nyesatan orientasi seksual anak.

Perilaku heteroseksual anak dirusak dengan menjebak anak-anak mengadopsi perilaku homoseksual. Terdapat sejumlah fak­ta yang mendukung laporan LPAI itu. Pada pekan pertama Desember 2017, misalnya, Polda Kalbar menyergap kelompok LGBT di Pontianak. Kelompok yang beranggotakan ribuan orang itu tidak hanya menyebarkan virus HIV AIDS, tetapi juga menjaring anak-anak di bawah umur.

Satu dari empat orang yang disergap polisi berstatus pelajar SMA. Masih Desember 2017, warga Jabodetabek dikejutkan kasus ke­ke­rasan seksual terhadap puluhan anak di Desa Tamiang, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang. Pelakunya, guru honorer Wawan Sutiono alias Babeh, 49. Jumlah korban penyimpangan seks si guru tercatat 41 anak berusia 6-15 tahun.

Selain memaksa dan menjebak pelajar serta anak-anak di bawah umur, kelompok-kelompok gay juga agresif mempromosikan gaya hidup mereka. Penetrasi mere­ka pada kehidupan remaja dan anak-anak sangat dimungkinkan karena adanya jaringan media sosial. Kelompok gay di Pontianak, bisa menjaring ribuan anggota dengan media sosial. Tim siber kepolisian setempat menemukan akun media sosial yang menampilkan dan membagikan foto, serta ajakan kepada masyarakat untuk mengikuti gaya hidup me­reka.

Kecenderungan ini tentu saja bukan hanya terjadi di Pontianak, melainkan juga terjadi di kota-kota besar lainnya. Ma­ka itu, desakan kepada negara untuk mewaspadai kecenderungan ini bukan sesuatu yang mengadaada. Pada 2012, Ke­menterian Kesehatan mengeluarkan data yang menye­but­kan ada 1.095.970 pria penyuka seks sesama jenis. Per­tumbuhan jumlah pria tipe ini diduga cukup pesat, karena tahun lalu sudah muncul perkiraan bahwa populasi kaum gay sudah mencapai 3% dari total populasi Indonesia, atau sekitar 7 juta orang. Kalau jumlah ini aktif mem­pro­mo­sikan gaya hidup mereka, tentu saja akan sangat mengkhawatirkan.

Keterangan: Opini ini sebelumnya dimuat di Sindonews, dengan judul asli: Negara Wajib Merespons Ekses LGBT, Selasa 6 Februari 2018.
https://nasional.sindonews.com/read/1279686/18/negara-wajib-merespons-ekses-lgbt-1517861902/13

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!