Giat Silaturahmi Kesenian dan Budaya Sumba Barat Sarat Makna

Putraindonews.com – NTT | Pergelaran Kesenian dan Budaya Kabupaten Sumba Barat dilaksanakan di Lapangan Manda Elu dari 18-22 September tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pementasan kreasi budaya dari 63 Desa se-Kabupaten Sumba Barat, pameran UMKM, dan pameran fotografi destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Charles Hermana Weru mengatakan bahwa tujuan Pergelaran ini adalah sebagai upaya merevitalisasi dan mendemonstrasikan ragam seni budaya daerah di Kabupaten Sumba Barat.

“Sebagai ruang ekspresi bagi seniman dan pelaku budaya daerah yang berdampak pada memicu kreativitas mereka sehingga dapat terus berkarya untuk menghasilkan yang terbaik,” ucap Kadis Charles. Senin (18/9/23).

BACA JUGA :   Suasana Haru Selimuti Perpisahan Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi

Menurut Kadis Charles, lewat Pergelaran kesenian dan Budaya menjadi sarana edukasi agar pemahaman dan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya tetap dilestarikan sekaligus sebagai silaturahmi budaya dapat memupuk semangat persatuan.

“Ini moment bagi kita sebagai ajang promosi destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta menggerakkan ekonomi masyarakat,” tutup Kadis Charles.

Berlangsung meriah, Kegiatan ini dibuka resmi oleh Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, dalam sambutannya mengatakan Event Budaya yang dilaksanakan hari ini sebagai media interaksi budaya dari 63 Desa dan 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Barat.

BACA JUGA :   PERKUAT KETAHANAN NASIONAL, Kadin Indonesia Segera Menggelar Rapimnas Secara Virtual

“Saya berharap setiap desa dapat menggali dan menampilkan ragam karya budaya yang menjadi keunggulan masing-masing. Kita perlu melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah agar dapat merasakan keluhuran warisan nenek moyang kita yang penuh dengan nilai-nilai filosofis,” tandas Bupati Yohanis.

Usai membuka secara resmi, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan kemudian Bupati bersama Forkopimda mengunjungi seluruh produk UMKM. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!