Hardini Puspasari: Membangun Ekosistem Kondusif bagi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Putraindonews.com –  Jakarta | Dalam rangka mencapai visi Indonesia Emas 2045, sinergi antara pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media sangatlah penting. Rakernas KEIND (Kongres Ekonomi Indonesia) ke-2 bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara kelima pihak tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar Rakernas KEIND (Kongres Ekonomi Indonesia) ke-2 selama 2 hari dari 17-18 November 2023 di Jakarta yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan dari berbagai sektor dengan mengusung tema “Membangun Sinergitas Penta Helix Collaboration untuk Indonesia Emas 2045”.

Hardini Puspasari, Ketua Steering Committee (SC) KEIND menyoroti, Pentingnya membangun sinergitas Penta Helix Collaboration. “Dengan sinergi antara pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media, diharapkan dapat tercipta kebijakan dan inovasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Hardini yang juga Founder dan Wakil Ketua Umum Bidang Investasi, Kamar Entrepreneur Indonesia di Jakarta, Sabtu (18/11/23).

BACA JUGA :   IMF-World Bank, Menkominfo ; Tekankan Pentingnya Ekonomi Digital

Menurutnya, kolaborasi yang kuat antara pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Rakernas ini menjadi wadah bagi pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi. Dalam kesempatan ini, Hardini yang anggun mengenakan busana Ratu Kalinyamat Tahun 1514-1579, seorang Pahlawan Nasional RI, memberikan penjelasan lebih lanjut tentang tujuan Rakernas ini.

Menyoroti pentingnya peran UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, Hardini menekankan perlunya insentif dari pemerintah untuk sektor ini. Dia juga mencatat bahwa kerjasama pemerintah sangat diperlukan, mengingat APBN dan APBD yang terbatas untuk pembiayaan infrastruktur dan organisasi.

BACA JUGA :   Jadi Momentum Industri Media, IMO-Indonesia Undang Tiga Institusi Penegak Hukum

Dalam upayanya mencapai Indonesia Emas 2045, Rakernas ini diharapkan menjadi momentum untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, masyarakat, dan media diharapkan menciptakan ekosistem kondusif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dan yang pasti, Hardini berharap Rakernas ini menjadi platform kolaborasi dan inovasi dalam menghadapi tantangan ekonomi masa depan. Dengan melibatkan pemerintah, industri, akademisi, masyaraekat, dan media, diharapkan dapat tercipta kolaborasi yang kuat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dan tercipta kolaborasi kuat untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!