Hari Kesaktian Pancasila, Habib Aboe: Momentum Perkuat Persatuan

Putraindonews.com, Putraindonews.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, yang jatuh pada 1 Oktober, Sekretaris Jenderal Partai DPP Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merenungi kembali makna penting dari peringatan bersejarah ini.

“Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya menjadi pengingat akan keberhasilan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Pancasila, tetapi juga sebagai refleksi atas bahaya laten komunisme yang pernah mengancam keutuhan bangsa,” kata pria yang akrab disapa Habib Aboe itu, melalui keterangan tertulisnya, Senin (30/9/2024).

Habib Aboe pun mengingatkan peristiwa kelam yang berpuncak pada terjadinya Gerakan 30 September 1965 atau yang dikenal dengan G30S/PKI, di mana enam Jenderal TNI gugur sebagai korban upaya kudeta.

BACA JUGA :   Gus Halim Ingatkan Pentingnya Data Desa Saat Lepas KKN UIN Jakarta

“Ini menunjukkan bahwa Pancasila menjadi benteng utama dalam melindungi bangsa ini dari pengaruh ideologi asing yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan,” papar Anggota Komisi III DPR RI itu.

Peringatan ini, lanjut Habib Aboe, sangat penting, terutama bagi generasi muda, untuk memahami bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum bersejarah yang menjadi titik balik dari gerakan G30S/PKI.

“Kita harus senantiasa waspada terhadap bahaya laten komunisme yang masih bisa muncul dalam bentuk lain,” ujar Habib Aboe.

Ia mengingatkan bahwa memahami sejarah ini adalah langkah penting untuk menjaga keutuhan bangsa, dan menumbuhkan rasa nasionalisme, serta komitmen untuk tetap menjunjung tinggi Pancasila.

BACA JUGA :   Empat Rekomendasi Bappenas Terkait Mudik Lebaran 2021

“Pancasila sebagai dasar negara adalah pedoman bagi kita semua, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam setiap kebijakan publik,” sebut dia lagi mengingatkan.

Menurut Habib Aboe, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila harus terus diperjuangkan dan dipraktikkan demi mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Mari kita jadikan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen untuk memperkuat persatuan dan meneguhkan komitmen dalam menjaga keutuhan NKRI,” pungkas politisi PKS yang terpilih kembali sebagai Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) yang sama, yakni Kalimantan Selatan atau Kalsel I itu. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!