Jalin Komsos, Babinsa Ingatkan Warga Perihal Bahaya Karhutla

Putraindonews.com – NTT | Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Babinsa Koramil 06/Karera jajaran Kodim 1601/Sumba Timur, Serda Junus Ratu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Kegiatan Komsos tersebut menghimbau warga untuk tidak membakar hutan saat membuka ladang untuk mencegah Karhutla bertempat di Desa Nggongi , Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Selasa (25/4).

Salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam

BACA JUGA :   Tarif Tol Gempol-Pandaan dan Pandaan-Malang Akan Diberlakukan 9 Agustus 2019

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani.

Oleh sebab itu, Babinsa melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaannya.

“Dengan adanya sosialisasi ini, warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang melakukan pembakaran lahan, agar dilaporkan kepada pihak terkait,” ujar Babinsa Serda Junus Ratu.

BACA JUGA :   Tak Kuat Menahan Beban, Banjir Renggut Nyawa Tiga Siswa MTs N 19 Pondok Labu Jaksel

Kedepannya, babinsa akan terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!