Jawab Kebutuhan Masyarakat, TMMD Ke-117 Dapat Apreasiasi Pemkab Sumba Barat

Putraindonews.com – NTT | Secara resmi Bupati Sumba Barat Yohanis Dade membuka kegiatan TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) Ke 117 Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Kamaradena Desa Weihura Kecamatan Wanukaka Kabupaten Sumba Barat, Rabu (12/07/2023).

Kegiatan TMMD ke-117 Tahun 2023 di wilayah Kodim 1613/Sumba Barat akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Wanukaka, Kecamatan Lamboya dan Kecamatan Laboya Barat Kabupaten Sumba Barat selama sekitar satu bulan dimulai dari tangal 12 Juli hingga 10 Agustus 2023 dengan tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”

Kegiatan TMMD ke-117 ini dengan 6 skala prioritas sasaran fisik diantarannya Pembuatan 55 unit Sanitasi, Pembuatan Bronjong sepanjang 23 Meter, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2 unit, Rehab saluran irigasi, Pembuatan Ruang Terbuka Hijau dan Rehab Jaringan System Penyediaan Air Minum.

Kehadiran TMMD Ke-117 yang menyentuh langsung kebutuhan dasar masyarakat mendapat apresiasi yang besar dari Bupati Sumba Barat Yohanis Dade.

Dengan suara lantang saat menyampaikan sambutannya, Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada tahun ini yang mana Kabupaten Sumba Barat sedang sedang gencar-gencarnya melaksanakan pembangunan di Daerah ini.

“Pemerintah Daerah tidak akan dapat berjalan sendiri, namun ia membutuhkan partisipasi dan dukungan pihak lain melalui sinergitas, kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk TNI,” pungkas Bupati.

Bupati mengakui, TMMD adalah program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan Pembangunan Daerah dengan sasaran pokok utama adalah kesejahteraan masyarakat. Kerja sama seluruh elemen bangsa dan negara seperti ini akan menjadi akar yang kokoh dalam mengatasi berbagai problema kebangsaan yang dihadapi.

BACA JUGA :   BPOM Kupang Gelar KIE Bersama Tokoh Masyarakat untuk Perketat Pengawasan Obat dan Makanan

“Melalui kegiatan TMMD ini juga saya berharap dapat mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa dalam membangun Negeri yang kita cintai ini,” ucap Bupati.

Menurutnya, sebagai komponen bangsa yang saling bergandengan tangan, bahu-membahu mengatasi berbagai kesulitan dan keterbatasan khususnya yang terjadi di Kabupaten Sumba Barat.

“Saya mengajak kita semua untuk untuk turut mensukseskan sasaran TMMD Ke-117 di kabupaten Sumba Barat yang mencakup 6 sasaran Fisik yang tersebar di 4 Desa pada 3 kecamatan yaitu pembuatan Bronjongisasi, rehab saluran Irigasi, dan Rehab rumah tidak layak huni di Desa Baliloku Kecamatan Wanukaka, Pembangunan sanitasi di Desa Hobawawi Kecamatan Wanukaka, Pembangunan ruang terbuka hijau di Desa Kabukarudi Kecamatan Lamboya, dan Pipanisasi SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Desa Patiala Dete Kecamatan Laboya Barat,” harapnya.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Baliloku, Desa Hobawawi, Desa Kabukarudi dan Desa Patiala Dete, semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakatnya.

“Mari kita jadikan momentum kegiatan TMMD ke-117 ini, untuk semakin meningkatkan sinergi, menggugah kesadaran kita bersama untuk selalu menghidupkan budaya gotong royong, mempererat tali
persaudaraan, merajut kebersamaan dan persatuan, meningkatkan karya, inovasi dan prestasi demi membangun Daerah kita, Kabupaten Sumba Barat yang kita cintai bersama ini,” ajak Bupati.

BACA JUGA :   Hadir Tinjau Serbuan Vaksin Di Kalbar, Kapolri Tekankan Penguatan Prokes Dan Percepatan Vaksinasi

Akhirnya, Bupati berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat, baik TNI, POLRI, Pemerintah dan seluruh masyarakat untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program ini, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong royong, sehingga kegiatan ini pada akhirnya membawa dampak yang positif dan membangun untuk kita semua.

“Kepada seluruh Camat dan Kepala Desa yang masuk dalam sasaran fisik kegiatan TMMD ini agar benar-benar berpartisipasi aktif dan menjalankan peran, tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga selepas kegiatan ini ada hasil membanggakan yang dicapai. Ajak seluruh komponen mayarakat di wilayah saudara untuk bahu membahu dengan sararan TMMD, Gunakan momentum kembali mempererat rasa kebersamaan, dan semangat gotong royong demi mewujudkan kehidupan rakyat Sumba Barat yang maju, berdaya saing dan berkeadilan,” tutup Bupati Yahanis Dade.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sumba Barat Jhon Lado Bora Kabba, S.Pd, Kasiter Korem 161/WS Letkol Inf. Lopez Augusto Moniz, Ketua DPRD Kab. Sumba Barat Drs. Dominggus Ratu Come, Sekda Sumba Barat, Yeremia Ndapa Doda, S.Sos, Dandim 1613/SB Letkol Inf. Yuliansa Fitra, Wakapolres Sumba Barat Kompol Laurensius,S.I.K.,S.H, Kajari Waikabubak yang Mewakil Kasi Intel Kajari Muhammad, S.H, Pejabat yang mewakil Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Kalapas Kelas II B Waikabubak Yohanis Varianto, A.Md.Ip.,SH, Para Piminan OPD Kabupaten Sumba Barat, Para Camat dan Kepala Desa tempat pelaksanaan TMMD beserta peserta Upacara, Masyarakat dan Siswa-Siswi SMA. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!