Jelang Mudik Lebaran, Kemenkes Akan Lakukan Evaluasi Prokes

***

Putraindonews.com – Jakarta | Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan melakukan evaluasi prosedur protokol kesehatan (prokes) menjelang mudik lebaran 2023.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, evaluasi prokes di ruang publik perlu dilakukan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 yang dipicu varian baru.

“Prokes lagi dievaluasi, walaupun Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kalau anda sehat, anda bisa tidak menggunakan masker pada ruangan tertutup,” kata Siti di Jakarta, Selasa (21/3).

BACA JUGA :   Penularan Masih Banyak Terjadi, Kasus Positif COVID-19 Bertambah 949 Orang

Pihaknya menerangkan bahwa ketentuan prokes di ruang publik perlu memastikan kesehatan dari setiap individu yang saling berinteraksi.

Dia menyebut, khusus bagi mereka yang sedang sakit atau bergejala masih perlu patuh pada prokes yang berlaku bagi pelaku perjalanan dalam dan luar negeri.

“Tapi untuk menghentikan prokes, kami perlu memastikan dulu kondisinya. Kami lihat nanti seperti apa. Apalagi mau menjelang mudik, jangan sampai terjadi peningkatan kasus,” ujarnya.

Nadia melanjutkan, lonjakan kasus COVID-19 bukan dipicu oleh kegiatan mudik, melainkan bersumber dari varian baru yang muncul di Indonesia dan sejumlah negara di dunia.

BACA JUGA :   Hasil Pemerikasaan BPK, Delapan Tahun Berturut-Turut Kementerian Perhubungan Mendapat WTP

Sejak awal 2021 kasus COVID-19 naik karena varian Alpha, selanjutnya varian Delta, diikuti varian Omicron yang kasus hariannya hampir mencapai 60 ribu. Di negara-negara lain terjadi juga dua gelombang besar yaitu ketika adanya varian Omicron BA.4 dan BA.5 pada sekitar bulan Juli hingga Agustus, juga varian BQ.1 dan XBB. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!