Kadinkop Tangsel Tekankan UMKM Manfaatkan Teknologi

Putraindonews.com – Tangerang Selatan | Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Kadinkop UKM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Warman Syanuddin menekankan kepada para UMKM untuk memanfaatkan teknologi pada usaha dan produknya.

Hal itu diungkapkan Warman saat membuka pelatihan promosi digital produk UMKM di Serpong, Senin 22 Mei 2023.

“Jadi disini yang ada ditingkatkan, misalkan produk mereka tentunya sudah tidak manual lagi, harus dengan teknologi apapun jenis kegiatan dan jenis produk barangnya,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini para UMKM di Kota bertajuk ‘Cerdas, Modern, dan Religius’ tersebut sudah sangat bagus, tetapi pihaknya harus tetap melakukan pendampingan untuk lebih maju lagi.

BACA JUGA :   KETUA DPR RI AKAN MENGAGENDAKAN KEMBALI RENCANA KUNJUNGANNYA KE BABEL

“Karena sudah bagus-bagus, terutama dalam peningkatan pemasaran, pemasaran itu selain dilakukan secara offline, ini secara online,” jelasnya.

Dirinya memberikan contoh seperti produk dodol yang tidak harus pembuatannya diproses secara manual, bisa juga menggunakan teknologi dari proses membentuk hingga packaging.

“Tapi harus dengan teknologi, karena bagaimana higienisnya, bagaimana kecepatannya, lebih banyak orangnya itu yang kita dorong,” paparnya.

Bahkan, menurutnya, pihaknya bekerjasama dengan BRIN serta Puspiptek dalam peningkatan kualitas produk UMKM tersebut.

BACA JUGA :   Sebanyak 256 Warga Desa Kamarora B Mengungsi Akibat Gempa di Sigi

“Yang mungkin nanti hanya daya tahan makanannya dua hafi atau seminggu, bagaimana bisa lama dan bisa pasarkan di luar daerah yang lain,” ungkapnya.

Selain itu, pada pelatihan tersebut juga didorong untuk tidak melakukan proses pembuatan sendiri melainkan ajak orang lain untuk proses itu.

“Karena kenapa? Kalau suatu saat pergi seperti ini (pelatihan, red), produk tetap jalan dan tidak menghambat proses penjualan,” tutupnya. Red/RZ

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!