Ketua DPR Siap Pertaruhkan Jabatan Jika yang Kritik DPR Dipenjara

PUTRAINDONEWS.COM—Ketua DPR Bambang Soesatyo menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya tidak anti terhadap kritik dari masyarakat. Ia bahkan siap pertaruhkan jabatan, jika ada rakyat termasuk wartawan yang mengkritik DPR dijebloskan ke penjara.

“Saya pertaruhkan jabatan saya, kalau ada rakyat termasuk wartawan yang kritik DPR, lalu dijebloskan ke penjara,” kata Bambang di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Bamsoet pun pun menjamin tidak akan ada masyarakat yang sampai masuk penjara karena mengkritik DPR.

Politisi Golkar yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan, kritik adalah sebuah vitamin. Dengan kritik, maka DPR dan anggota DPR bisa memperbaiki kinerja yang tak optimal.

BACA JUGA :   Hadiri Maulid, Bambang Soesatyo Tegaskan Komitmen Tolak LGBT

“Bagaimana kita tahu apa yang harus diperbaiki dari DPR kalau tidak ada kritik?” tanyanya.

Bambang juga menegaskan, Pasal 122 Huruf k dalam Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD ( UU MD3) tak berlaku bagi pihak yang mengkritik DPR. Pasal tersebut hanya bisa diterapkan bagi pihak yang melakukan penghinaan dan fitnah terhadap DPR.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan pasal tersebut. “Sebagai mantan ketua Komisi III dan wartawan yang bekerja berdasarkan kode etik jurnalistik dan UU Pers, saya paham dan tahu persis, mana kritik, mana penghinaan dan fitnah,” kata dia.

BACA JUGA :   Libur Telah Tiba, Lalu Bagaimana Nasib Liburan Anak-Anak di Pengungsian?

Bamsoet pun menegaskan, tidak perlu menjadi anggota DPR dulu untuk mempidana orang yang melakukan penghinaan, penistaan, pelecehan atau fitnah. Kalau memenuhi unsur (delik), semua orang bisa langsung melapor ke penegak hukum sebagaimana diatur dalam KUHP/KUHAP.

“Penghinaan, penistaan, pelecehan dan fitnah adalah delik aduan,” ujar dia.

Pasal 122 Huruf k UU MD3 mengatur Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) bertiga mengambil langkah hukum atau langkah lain terhadap pihak yang merendahkan kehormatan DPR dan anggota DPR. []

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!