Kisah Sunadi, Juragan Besi Tua yang Merajut Asa di Pulau Sumba

Putraindonews.com – NTT | Sunadi alias Acong (46) adalah pria paruh baya yang datang jauh-jauh dari Madura untuk merajut asa jadi juragan besi tua (besi bekas) di Pulau Sumba.

Tiba di Sumba Barat pada Tahun 2015, Sunadi mulai membuka warung makan lesehan dihamparan Toko di Sumba Barat. Empat tahun membuka usaha warung makan, Sunadi memutuskan untuk usaha besi tua pada tahun 2019.

BACA JUGA :   Lelang jabatan Kadis PU Bangka Harus dikontrol

“Saya sampai di Sumba ini pada tahun 2015, awalnya saya buka warung di depan toko selama 4 tahun, karena ada yang tawar saya bisnis besi tua saya putuskan untuk cari besi tua disini,” ucap Sunadi dengan nada Madura yang sangat kental.

Saat awal memulai usaha, Sunadi turun sendiri ke kampung-kampung untuk mencari besi tua.

“Dulu saya jalan sendiri, setelah lama-lama saya cari karyawan harian, satu harinya saya gaji 100 ribu yang karyawan harian, sedangkan yang karyawan tetap saya gaji 150 satu harinya, dan besi-besi dikumpulkan di gudang, setelah itu dikemas untuk dikirimkan di Jawa,” katanya.

BACA JUGA :   Webinar MIPI ; Paradigma dan Kebijakan Satpol PP

Empat tahun sudah Sunadi menjalani usaha menjadi Juragan Besi Tua, dari hasil usahanya, Sunadi sudah mampu beli rumah sendiri dan memiliki satu Truck dan Pick Up. Red/Nov

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!