Media Online Sebagai Sarana Publikasi Pemda Zaman Now

521-MEDIA

PUTRAINDONEWS.COM

PURBALINGGA | Media online yang di miliki oleh pemerintah daerah (Pemda) baik kabupaten/kota menjadi sarana publikasi yang efektif dijaman digitalisasi media. Perkembangan informasi dan teknologi membuat masyarakat beralih dalam mencari informasi, yang dulu dari media cetak dan elektronik sekarang mulai beralih ke media online. 

Kabid statistik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Tubayanu mengatakan dengan adanya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi. Untuk itu berita-berita yang disampaikan oleh kabupaten/kota harus up-to-date dan dan harus mengandung substansi yang menarik dan layak untuk di baca oleh masyarakat. 

” Untuk itu pergunakan media online sebaik mungkin untuk mempublikasikan potensi daerah, kebijakan dan hasil-hasil pembangunan di wilayahnya masing-masing,” katanya saat membuka pertemuan pengembangan sumber daya informasi bagi kontributor jatengprov.go.id di hotel Laras Asri Salatiga. 

Tubayanu juga menambahkan bahwa pemberitaan di jatengnews room menjadi rujukan bagi pemberitaan media masa lainnya. Media masa dipersilahkan untuk mengambil pemberitaan di jatengnews room secara gratis. Dengan begitu publikasi bukan hanya media dilokal saja namun bisa masuk di media nasional. 

Dalam kesempatan itu Tubayanu berterima kasih kepada seluruh kontributor yang telah melakukan pengiriman rilis berita. Dari data per Februari, Kabupaten Purbalingga masih sebagai pengirim rilis terbanyak yakni sebanyak 179 rilis, kemudian Kendal dengan 160 rilis dan Boyolali dengan 133 rilis. Sedangkan untuk evaluasi tahun 2017 Purbalingga masih nomor 1 dengan 494 rilis, kemudian Kendal dengan 222 rilis dan Brebes sebanyak 200 rilis.

” Kegiatan pengembangan SDM kontributor diikuti oleh peserta terdiri 35 kontributor dari kabupaten / kota se Jawa Tengah. Yang akan berlangsung selama 2 hari,” tambahnya.

Pembicara dari SM Network Agus Widiyanto yang membawakan materi mengkomunikasikan berita daerah secara efektif, mengatakan berita daerah masih dianggap sebagai informasi yang tidak penting sehingga tidak diberikan ruang oleh media mainstream. Sehingga perlu kiat-kiat agar goal dari upaya membangun citra positif terukur output dan outcome. 

” Untuk itu seorang kontributor harus bisa berkomunikasi dan bisa meprespektifkan suatu berita secara tuntas. Dan perlu mempromosikan rilis berita tersebut di lini masa seperti di media sosial. Kalau perlu menggunakan buzzer untuk mempromosikannya,” katanya. 

Sedangkan pembicara lainnya, Pengurus PWI Jateng, Mohammad Sanroji yang membawakn materi teknik penulisan berita mengatakan dalam penulisan berita data dan fakta serta bukan opini pribadi kontributor. Dalam menulis berita juga harus menggunakan kaidah kode etik jurnalistik, sehingga dalam melakukan penulisan berita menjadi lebih mudah. 

” Sebuah berita layak di muat harus aktual dan faktual, selain itu juga harus memenuhi rambu-rambu hukum, etika sosial, rambu-rambu instansi dan rambu-rambu bisnis,” katanya ( Sumber ; WartaAndalas.Com )

BACA JUGA :   PENANGANAN BANJIR KALSEL, BNPB Kerahkan Personil TRC

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!