Menag Yaqut Sampaikan Pesan kepada Sarjana Ma’had Aly Nurul Cholil Bangkalan

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas memberikan pesan kepada sarjana Ma’had Aly Nurul Cholil, Bangkalan, Jawa Timur untuk menjaga warisan tradisi dan mengembangkan teknologi.

“Sarung dan sorban yang sekarang anda pakai itu jangan ditinggalkan, tapi tambahi dengan kemampuan-kemampuan lain, seperti belajar teknologi,” kata Menag Yaqut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (15/10/23).

Gus Men, sapaan akrabnya mengatakan mempelajari teknologi merupakan sebuah kewajiban penting, karena di masa depan semua hal berkaitan dengan teknologi.

BACA JUGA :   Raih Target Pertumbuhan Ekonomi 2025, APINDO Paparkan Strategi Percepatan Realisasi Investasi

Selain keharusan para sarjana untuk menguasai pembaruan zaman, putra ulama besar Nahdlatul Ulama (NU) KH M. Cholil Bisri, itu juga berpesan agar para mahasantri meniru dan mencontoh ulama seperti Syaikhona Kholil Bangkalan.

“Kalian ini membawa nama Syaikhona Kholil, menjadi sarjana Ma’had Aly Nurul Cholil, jadi kalau tidak sama perilakunya, bahkan bertentangan sama sekali dengan Kiai Kholil insyaallah tidak manfaat,” tambah Gus Men.

Menurut Gus Men, pengalaman Syaikhona Kholil Bangkalan dalam menghadapi perubahan peradaban harus juga menjadi pijakan para mahasantri dalam mengambil peran.

BACA JUGA :   Banjir Sekadau Kalimantan Barat, Satu Warga Meninggal Dunia

“Syaikhona Kholil itu merupakan ulama yang memiliki kemampuan multidimensional yang orang-orang biasa tidak akan pernah bisa memiliki, kiai biasa tidak akan bisa, cucu-cicitnya juga tidak akan bisa,” ucapnya.

Selain ilmu agama, kata Gus Men, Syaikhona Kholil Bangkalan juga menguasai sejumlah ilmu umum seperti geopolitik. Beliau juga merupakan salah satu tokoh yang mendirikan NU. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!