Nadiem Batal Naikkan UKT Tahun Ini Usai Bertemu Jokowi

Putraindonews.com, Jakarta – Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim untuk menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun ini batal setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5).

Jokowi menyampaikan bahwa kenaikan UKT tahun ini akan dievaluasi di Kemendikbudristek terlebih dahulu. Dikatakan bahwa kenaikan UKT bakal diatur ulang.

“Mendikbud UKT sementara ini yang kenaikannya sangat tinggi itu dibatalkan dan akan diatur untuk bisa diringankan, teknisnya tanyakan ke Mendikbud intinya itu sudah dibatalkan,” ucap Jokowi kepada awak media, Senin.

BACA JUGA :   Bahas Penyesuaian APBD 2020 Akibat COVID-19, DPRD Jabar Gelar Rapat Konsultasi Pimpinan

Hanya saja, Jokowi menyebut, kemungkinan kenaikan UKT akan diberlakukan pada tahun depan. Saat ini Kemendikbud juga melakukan pengkajian dan perhitungan.

“Kemungkinan ini (UKT) akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi sehingga kemungkinan, ini masih kemungkinan, nanti ini kebijakan di Mendikbud akan dimulai kenaikannya tahun depan. Jadi ada jeda tidak langsung seperti sekarang ini,” terang Jokowi.

BACA JUGA :   Demo Di Papua, Komisi Pemberantasan Korupsi Angkat Suara Soal Status Tersangka Lukas Enembe

Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Makarim bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas soal kenaikan UKT di Istana Negara, Jakarta.

Usai pertemuan, Nadiem menyampaikan bahwa pemerintah resmi membatalkan kenaikan UKT pada tahun ini. “Kami Kemendikbud Ristek telah mengambil keputusan untuk membatalkan kenaikan UKT di tahun ini,” ungkapnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!