Pembinaan Kemandirian berhasil, Rutan Painan panen ikan dan cabe

Putraindonews.com – Painan | Rutan Painan kembali laksanakan panen cabe dan ikan hasil pembinaan kemandirian warga binaan pemasyarakatan (WBP). Selasa (22/8). Walaupun memiliki lahan yang sempit, Rutan Painan berhasil memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami cabe serta kolam ikan yang berada di halaman samping Rutan Kelas IIB Painan.

Panen ini merupakan hasil budidaya yang dilakukan oleh WBP sebagai program pembinaan kemandirian yang selama ini berjalan di Rutan Painan. Pembinaan kemandirian melalui pertanian cabe dan peternakan ikan gurame dan nila ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan kepada WBP pada saat bebas nanti.

BACA JUGA :   Tersandung Masalah Koperasi Simpan Pinjam, Teten Masduki dan dan OJK Digugat Rp7.4 Miliar

Panen kali ini dipimpin langsung oleh Karutan Kelas IIB Painan Fajar Perdinan, bersama para staff setelah melaksanakan apel pagi. Setelah apel Karutan langsung memimpin pelaksanaan panen cabe yang berada dihalaman depan hingga belakang Rutan. Selanjutnya dilakukan panen ikan yang dilakukan oleh WBP. Walaupun ini sudah kesekian kalinya dilaksanakan panen terhadap cabe, namun hasil yang didapat tetap banyak, hal ini berkat ketekunan dan keuletan WBP dalam melakukan perawatan terhadap tanaman cabe dan peternakan ikan.

BACA JUGA :   Hilangkan Dualisme, Pemerintah Alihkan Kewenangan BP Batam ke Pemkot Batam

“Saya berharap nanti ketika diluar, ketika bapak-bapak sudah bebas, pengalaman dalam bertani yang sudah didapatkan disini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan. Sehingga setelah keluar dari sini bapak-bapak dapat mandiri dan menjalani hidup lebih baik.” Pesan Karutan kepada WBP setelah selesai panen bersama dengan staff dan WBP. Red/Abi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!