Pemkot Banjarmasin Bangun Dermaga Penunjang Wisata

Putraindonews.com – Banjarmasin | Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah membangun tujuh dermaga untuk menunjang wisata di kawasan tersebut.

Adapun, dermaga tersebut lewat sungai di wilayah objek wisata pinggiran Sungai Martapura pada tahun 2023.

“Dermaga-dermaga yang dibangun tahun ini bernuansa religi,” ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Banjarmasin, Jumat (30/6).

Dirinya mengatakan, tujuh dermaga di kawasan objek wisata yang dibangun itu, tiga di antaranya bantuan dari pemerintah pusat dari Kementerian Perhubungan RI.

BACA JUGA :   Banjir dan Longsor Landa Sejumlah Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow

“Dari dana alokasi khusus dari Kemenhub RI,” ujarnya pula.

Salah satu pembangunan dermaga yang desainnya bernuansa religi tersebut, kata Ibnu Sina, dibangun di Kubah Basirih, Banjarmasin Barat.

“Dermaga di dekat wisata religi ziarah Kubah Basirih itu diperkirakan menghabiskan dana Rp2,5 miliar,” kata Ibnu Sina.

Kubah Basirih yang merupakan makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, lebih dikenal Habib Basirih, wafat pada tahun 1949 tersebut jadi perhatian pemerintah pusat karena ditetapkan sebagai Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

BACA JUGA :   PDIP Beri Selamat ke Umat Kristiani di Hari Raya Paskah

“Untuk menunjang transportasi sungai ke sana, maka dibuatnya dermaga yang baik, hingga makin menambah daya tarik bagi wisata datang sekalian menikmati wisata susur sungai,” ujarnya lagi. Red/MTB

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!