Penyelesaian Pembangunan Transmisi Butuh Dukungan Semua Pihak

IMG-20180328-WA0042

PUTRAINDONEWS.COM

Labuan Bajo | PLN berhasil menyelesaikan pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTT) 150 kilo Volt (kV) Ruteng – Labuan Bajo sepanjang 58 kilo meter sirkit (kms) yang terdiri dari 228 tapak tower. Rencananya PLN akan segera membangun dua tower terakhir yang ditargetkan selesai pada Mei 2018.

“Kami sangat senang permasalahan lahan yang sebelumnya sempat menjadi kendala pembangunan dua tapak tower terakhir akhirnya bisa diselesaikan dengan baik, artinya kami kini bisa segera menyelesaikan pembangunan seluruh tower yang dipastikan sangat penting untuk meningkatkan kehandalan infrastruktur kelistrikan sistem Flores,” ungkap Direktur Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara (JBTN), DJoko R. Abumanan.

Terbangunnya jaringan transmisi SUTT 150 kV Ruteng – Labuan Bajo akan meningkatkan pasokan daya sebesar 15 MW dari PLTP Ulumbu dan 20 Megawatt (MW) dari MPP (Mobile Power Plant) Flores serta akan meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan Labuan Bajo dan sistem kelistrikan Flores.

“Listrik yang handal tentu sangat penting terlebih Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Untuk itu dukungan semua pihak sangat kami butuhkan untuk penyelesaian seluruh tower transmisi ini,” imbuh DJoko.

Penyelesaian pembebasan lahan tak terlepas dari peran dan dukungan yang baik dari Pemerintah Daerah Manggarai Barat, Plataran Group dan masyarakat Manggarai Barat.

Bupati Manggarai Barat Agustinus C. Dula mengapresiasi kinerja PLN terutama untuk infrastruktur kelistrikan Labuan Bajo. Agustinus juga mengajak warga setempat untuk terus mendukung PLN, salah satunya dengan kerjasama terkait pembebasan lahan untuk keperluan pembangunan infrastruktur kelistrikan.

Sebagai wujud terima kasih dan apresiasi kepada suluruh pihak yang membantu dan mendukung kelancaran pembangunan transmisi dan pembangkit listrik di wilayah Manggarai Barat, PLN mengadakan syukuran dengan tema “Mari Kita Bangun Infrastruktur Kelistrikan dan Wujudkan Labuan Bajo Menjadi Pariwisata Kelas Dunia”. Syukuran dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemda Manggarai Barat.

Acara ini dihadiri Direktur PLN Regional JTBN, Bupati Manggarai Barat, Anggota DPR Komisi VII Ferry Kase, Yozua Makes sebagai owner Plataran Group dan beberapa pejabat daerah lainnya.

Selain acara tersebut, dilaksanakan juga penandatangan komitmen membangun infrastruktur kelistrikan dan mengelola sampah guna mewujudkan Labuan Bajo menjadi pariwisata kelas dunia oleh PLN, Pemda Manggarai Barat, Pelaku bisnis, masyarakat dan stakeholder lainnya. Adapun sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat di sekitar proyek, PLN memberikan bantuan dalam bentuk CSR, meliputi :

1. Bantuan MCK di masjid dan posyandu di Dusun Melo Desa Liang Ndara Rp 25 juta.
2. Bantuan pembangunan MTS Insan Kamil Desa Nggorang Rp 50 juta.
3. Bantuan pembuatan lapangan bola desa Liang Ndara Rp 25 juta.
4. Bantuan pembangunan mushola Dusun Liang Niki Desa Liang Ndara Rp 15 juta.
5. Bantuan mobil ambulans untuk Pemerintah Daerah Manggarai, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT Rp 190 juta.

Salah satu warga Manggarai Barat Marsel Agot mengungkapkan, selama ini PLN sangat sopan melakukan pendekatan ke masyarakat.

“Untuk itu kami berterima kasih kepada PLN. Namun kami harapkan ke depannya baik PLN maupun investor bisa sama – sama menjaga lingkungan terutama dalam pelestarian tanaman di Labuan Bajo,” ungkap Marsel. (**)

BACA JUGA :   Banjir di Nunukan, Satu Warga Meninggal Dunia

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!