Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Ungkap Solusi Cegah Polusi Udara

Putraindonews.com – Jakarta | Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama merujuk studi mengemukakan sejumlah kemungkinan hasil menyemprotkan air ke jalan untuk mencegah polusi udara, salah satunya studi di China.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah “Toxics” pada Juni 2021 ini, sambung dia melalui pesan elektroniknya, Minggu, penyemprotan air dalam skala besar di jalan bukannya mencegah polusi udara tetapi justru menambah polusi karena cenderung meningkatkan konsentrasi PM 2.5-indikator dalam polusi udara- dan juga kelembapan.

BACA JUGA :   Rest in Peace: Segenap Pengurus dan Anggota IMO-Indonesia & HPI Mengucapkan Turut Berduka Cita

Di sisi lain, Tjandra menyebutkan studi dalam “Environmental Chemistry Letters volume” tahun 2014 yang menyebutkan penyemprotan air secara geoengineering atau menggunakan seperangkat teknologi untuk intervensi iklim dalam upaya untuk memulihkan perubahan iklim, dapat menurunkan kadar polusi PM 2.5 secara efisien.

“Tetapi memang metodologi penelitian tahun 2014 ini tidaklah selengkap penelitian di jurnal ‘Toxic’ yang juga tahunnya lebih baru, 2021 sehingga secara ilmiah kita jelas membandingkan keduanya,” kata Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu.

BACA JUGA :   DONI MONARDO ; Lampung Tertinggi Kedua Kasus Kematian COVID-19

Sementara itu, sambung dia, sebuah laporan penelitian lanjutan pada Maret 2022 dalam Jurnal ilmiah “Proc. ACM Interact. Mob. Wearable Ubiquitous Technol” memberi perspektif yang berbeda.

Peneliti menggunakan metode “iSpray (Intellegent Spraying)” yang dinilai sebagai suatu desain perangkat lunak baru tentang teknik penyemprotan air yang lebih baik.

Hasil penelitian menyebutkan “iSpray” dengan intelegensia memberi cara penyemprotan yang lebih efisien dan memberi dampak baik pula pada penanganan polusi udara. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!