Potensi Gelombang Tinggi Terjadi di Perairan Selatan Banten

Putraindonews.com – Serang | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengumumkan peringatan dini kewaspadaan tinggi gelombang 2,50 meter di perairan selatan Banten, Samudera Hindia, Selat Sunda bagian selatan, dan Selat Sunda bagian utara.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, di Serang, Sabtu (20/1/24) mengatakan pihaknya mengeluarkan peringatan dini terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal pesiar, dan kapal kargo yang melintasi perairan tersebut.

BACA JUGA :   28 DESA KABUPATEN BOGOR Dilanda Kekeringan 

Peringatan dini kewaspadaan tersebut guna menghindari kecelakaan laut, termasuk pada pelabuhan penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung).

Saat ini, kata dia, tinggi gelombang di perairan itu mencapai 2,50 meter (sedang) dan pergerakan angin dari arah barat daya hingga barat dengan berkecepatan 05-30 kilometer per jam, sementara suhu antara 22-23 derajat Celsius dan kelembapan udara antara 60-95 persen

Selain itu juga BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan potensi hujan angin disertai petir/kilat pada sore hari terjadi di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

BACA JUGA :   Cegah Korupsi Penanganan Wabah Corona, KPK Terbitkan SE PBJ dan Tempatkan Anggota di Gugus Tugas COVID-19

Menurutnya, sebagian besar wilayah Banten dan sekitarnya pada pagi dan siang hari berpotensi dilanda hujan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Sedangkan pagi hari berawan terjadi di Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon. Red/TK

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!